HUBUNGI KAMI

Mengenal Tentang Standar NFPA Fire Pump 2022

06 Desember 2022

Dilansir dari wikipedia, National Fire Protection Association (NFPA) adalah sebuah organisasi non profit internasional yang dibentuk untuk menanggulangi risiko kebakaran terhadap jiwa, harta dan aset. 

Sejarah berdirinya organisasi dimulai sejak tahun 1895 dimana komite Automatic Sprinkler Protection bekerja sama dengan perusahaan asuransi dan perusahaan pipa untuk menetapkan standar umum alat pemadam dan instalasi. 

Komite yang dibentuk kemudian terus berkembang hingga akhirnya sekarang menjangkau banyak negara untuk menjadi anggota di dalamnya. 

Mengenal Tentang Standar NFPA Fire Pump 2022

Apa Itu Standar NFPA

Secara garis besar, NFPA mengatur berbagai standar dan kode menyangkut alat pemadam kebakaran, cara penanganan, standar keselamatan serta instalasi komponen hydrant dan sprinkler. Standar NFPA juga mengatur komposisi bahan yang digunakan, kualitas komponen peralatan dan tata-kelola kebakaran. 

Klasifikasi Kebakaran Menurut Standar NFPA

Berdasarkan NFPA, kebakaran diklasifikasi menjadi 6 kelas yakni: 

  1. Kebakaran Kelas A, yakni kebakaran pada bahan padat non logam seperti kayu, plastik, kerta dan kain. Bahan pemadaman yang digunakan berupa air, uap air, co2, busa, pasir, serbuk kimia kering, dan cairan kimia.
  2. Kebakaran Kelas B, yakni kebakaran yang disebabkan atau melibatkan gas, uap dan fluida berbahaya seperti solar, amonia dan metana. Bahan pemadaman yang digunakan berupa busa, CO2 dan serbuk kimia kering. 
  3. Kebakaran Kelas C, yakni kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik. Bahan pemadaman yang digunakan berupa CO2, uap air dan serbuk kimia kering.
  4. Kebakaran Kelas D, yakni kebakaran yang melibatkan komponen logam seperti baja, besi, aluminium, dan tembaga. Bahan pemadaman yang digunakan berupa serbuk kimia sodium klorida dan grafit.
  5. Kebakaran Kelas E, yakni kebakaran yang disebabkan atau melibatkan bahan radioaktif. 
  6. Kebakaran Kelas K, yakni kebakaran yang disebabkan bahan makanan seperti minyak dan lemak. Bahan pemadaman yang digunakan adalah CO2 dan cairan kimia. 

Pembagian kelas kebakaran menurut NFPA turut memisahkan jenis penangan, alat semprot, cara penyelamatan dan instalasi pencegahan.

Standar NFPA Sistem Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

NFPA telah merilis sekitar 300 kode dan standar yang akan terus bertambah atau diperbaiki setiap skala waktu tertentu. Untuk sistem umum proteksi kebakaran, beberapa kode dan standar NFPA dibawah ini sangat penting diketahui secara publik.  

NFPA 1

NFPA 1 berisikan kode kebakaran dan manajemen bahaya standar NFPA. Lingkup standar meliputi proteksi kebakaran komprehensif seperti inspeksi terhadap bangunan, sistem, peralatan, situasi kebakaran dan penanganan keselamatan jiwa. Seluruh inspeksi dilakukan sebagai tujuan pencegahan dan pengendalian resiko kebakaran yang bisa terjadi. 

Peninjauan juga dilakukan terhadap instalasi hydrant, penyediaan alat kebakaran portable, jalur kendaraan kebakaran dan struktur gedung untuk jalur evakuasi. 

NFPA 10

Berisikan standar alat pemadam kebakaran portable yang digunakan. Sebagai pertahanan pertama terhadap kebakaran domestik, alat kebakaran portable harus dipastikan dapat bekerja optimal dengan standar pemilihan, instalasi, pemeliharaan, pengadaan ulang, dan pengujian secara berkala. 

Dalam penerapan, terdapat 3 jenis utama alat pemadam kebakaran portable yaitu:

  • Powder: serbuk kimia kering untuk menutup dan mengisolasi titik api kebakaran kelas A, B dan C. 
  • Foam: campuran air dan biang soda untuk menanggulangi titik kebakaran kelas A dan B. tidak dapat digunakan untuk titik kebakaran kelas C karena resiko korsleting. 
  • CO2: apart yang efektif untuk menanggulangi kebakaran kelas C atau yang disebabkan oleh listrik. 

NFPA 13

Berisikan standar NFPA tentang minimum instalasi dan penggunaan sprinkler sebagai alat pemadaman dalam ruangan. Standar tersebut juga mengatur agar kualitas sprinkler mampu mengoptimalkan cara penanganan kebakaran yang berasal dari dalam gedung/indoor. 

Turunan dari standar NFPA 13 adalah NFPA 13D yang mengatur standar sprinkler untuk kebutuhan/penggunaan rumah tangga. 

NFPA 13E

Merupakan turunan dari NFPA 13 yang mengatur standar praktik operasi pemadaman kebakaran yang menggunakan sistem sprinkler dan standpipe. Standar ini juga mengatur tentang prosedur ideal yang harus dilakukan ketika kebakaran terjadi khususnya di area gedung yang dihuni banyak jiwa. 

NFPA 13R

Berisikan standar sistem sprinkler yang digunakan di area hunian atau rumah tangga pemukiman. Sistem sprinkler dan instalasi yang dilakukan didasarkan pada sistem proteksi terhadap sejumlah keluarga yang mendiami wilayah padat penduduk. 

NFPA 14

Berisikan standar instalasi standpipe dan selang pemadam kebakaran untuk memastikan keduanya menyuplai pasokan air secara optimal ketika darurat kebakaran. Standar ini hanya mencakup pemasangan komponen, tidak meliputi pemeliharaan dan uji coba rutin. 

NFPA 15

Standar NFPA berisikan prosedur pengendalian kebakaran, pemadaman, pencegahan, dan perlindungan dari resiko kebakaran berupa penetapan standar desain, pemasangan, dan pengujian sistem dari sistem sirkulasi air penyemprotan. Prosedur ini mencakup persediaan air dari reservoir dengan tekanan yang dibutuhkan. 

NFPA 20

Berisikan standar pengadaan dan pemasangan pompa stasioner untuk penanggulangan kebakaran dengan memastikan sistem mampu menyuplai air secara maksimal ketika keadaan darurat terjadi. Standar ini mencakup kualitas pompa diesel, pompa elektrik dan jockey pump yang digunakan pada sistem hydrant. 

NFPA 22

Berisikan standar NFPA yang mengatur desain, konstruksi, instalasi dan pemeliharaan reservoir termasuk pipa dan pompa penyuplai air untuk penanggulangan kebakaran domestik. 

NFPA 24

Berisikan standar sistem kebakaran domestik mencakup pengadaan dan pemasangan hydrant, sprinkler dan seluruh instalasi komponen kebakaran water-base terkait untuk memastikan sistem mampu bekerja ketika kebakaran dan potensi kebakaran terjadi. Standar ini dipertegas lagi dalam NFPA 25. 

Demikian beberapa standar NFPA dalam kaitannya dengan pengadaan, konstruksi dan instalasi sistem penanggulangan kebakaran. 

Sistem Sprinkler dan Hydrant Standar NFPA

Sprinkler dan hydrant merupakan dua sistem proteksi kebakaran yang efektif dalam berbagai skala. NFPA terus mematok standar tertentu untuk kedua sistem ini mengingat peran vital keduanya untuk mengatasi masalah kebakaran di area dalam gedung dan luar gedung. 

1. Standar NFPA Sprinkler

Standar sistem sprinkler telah diatur dalam NFPA 13 yang secara umum mengatur syarat minimum desain dan instalasi semua jenis sprinkler standar untuk tujuan menanggulangi kebakaran yang berasal dari dalam gedung. 

Sebagai alat pemadam kebakaran, sprinkler bekerja dengan mendeteksi panas kemudian mengeluarkan semprotan bahan pemadam kebakaran secara otomatis. Sprinkler dibedakan berdasarkan pola penyemprotan, orientasi dan waktu respon terhadap potensi kebakaran. 

Pada standar NFPA 13 dan turunannya ikut memberikan prosedur terkait pemakaian sprinkler untuk area perumahan pribadi dan komunitas yang lebih kecil selain gedung bertingkat dengan tujuan agar pengguna memahami skala proteksi yang diberikan oleh jenis sprinkler. 

Sistem Sprinkler dan Hydrant Standar NFPA

2. Standar NFPA Hydrant

Sistem hydrant mendapat perhatian paling besar oleh NFPA karena cakupan operasinya yang luas. Hydrant bekerja baik untuk mematikan titik api luar gedung maupun dalam gedung. Pada area padat penduduk, area gedung bertingkat dan properti, hydrant harus selalu ada dan dibangun berdasarkan konstruksi standar. 

Dalam standar NFPA tentang hydrant, semua aspek diberi standar mulai dari pengadaan alat dan komponen pemadaman oleh produsen hingga pengaplikasian di lapangan oleh petugas dan masyarakat. 

Hydrant lebih luas jangkauannya dibandingkan sprinkler sehingga instalasi sistem wajib memenuhi standar baik standar SNI maupun standar NFPA. Hal-hal yang wajib dipenuhi adalah:

a. Komponen

Hydrant bekerja dengan menyemprotkan air dari reservoir menggunakan pompa, pipa dan selang. Umumnya, pompa memainkan peranan paling vital untuk mendorong air ke ujung selang penyemprotan sehingga sistem hydrant selalu menggunakan 3 jenis pompa: pompa diesel, pompa listrik dan jockey pump. 

b. Reservoir

Merupakan tempat penyimpanan air yang terhubung ke sistem hydrant dan mendapat suplai dari sumber air terdekat. Volume reservoir harus mampu menampung debit air yang banyak dan mampu menyuplai air bertekanan ke sistem hydrant. 

c. Pipa hydrant

Posisi pipa hydrant harus di atas permukaan tanah dan mudah dijangkau ketika terjadi potensi kebakaran. Jumlah pipa hydrant tidak hanya satu melainkan beberapa unit dengan jarak antar unit sesuai standar NFPA yakni berkisar 25-30 meter. 

d. Instalasi dan perawatan

Instalasi sistem hydrant oleh teknisi berdasarkan standar hydrant internasional khususnya yang diatur dalam standar NFPA. Keberhasilan kerja seluruh sistem yang sudah terpasang akan terus diuji secara berkala oleh staff atau penanggung jawab terkait. 

Baca juga: Mengenal Syarat Pembuatan Ruang Pompa Hydrant

Pompa Kebakaran Berdasarkan Standar NFPA

Pompa kebakaran merupakan elemen penting dalam sistem proteksi kebakaran berbasis air atau water-base yang berfungsi untuk menyalurkan air dari reservoir dengan kecepatan dan tekanan yang dibutuhkan. 

Keberadaan pompa kebakaran khususnya pompa hydrant sangat vital pada area gedung bertingkat dan wilayah rawan kebakaran dengan jumlah penghuni maupun property tinggi. NFPA menetapkan standar fire pump berdasarkan efektivitas kerja seluruh sistem ketika potensi kebakaran terjadi. 

Jenis Pompa Kebakaran Standar NFPA

Terdapat dua kategori fire pump yang dikehendaki NFPA yakni pompa sentrifugal dan pompa positive displacement.

1. Pompa Sentrifugal

Pompa ini merupakan pompa kebakaran yang paling umum digunakan. Dengan impeller yang bekerja untuk memberikan gaya sentrifugal ke ujung pipa, pompa ini cukup optimal baik saat dioperasikan maupun saat dilakukan perawatan sistem. Pompa dengan kapasitas besar diharapkan pada sistem proteksi kebakaran untuk mengalirkan air dengan volume besar dan tekanan maksimum tinggi. 

Jenis pompa sentrifugal untuk sistem kebakaran yang tersedia saat ini adalah:

a. Horizontal Split-Case Pump

Pompa ini bekerja dengan mengalirkan air dari arah berbeda menuju impeller sebelum dikenai gaya sentrifugal untuk menuju ujung pompa. Daya yang diberikan cukup besar sehingga efektif digunakan dalam sistem proteksi kebakaran. 

b. Vertical Turbine Pump

Merupakan jenis pompa turbin yang mampu bekerja dengan baik untuk mengangkat air dari sumber air yang lebih rendah dalam jumlah besar. Pompa ini juga dapat diaplikasikan untuk sumber air kolam, danau maupun sungai terdekat lokasi kebakaran. 

c. In-Line Pump

Merupakan jenis pompa dengan poros vertikal atau horizontal yang letaknya di atas pompa yang efektif digunakan pada area eksklusif. Pompa ini memiliki casing lebih kecil dari jenis pompa kebakaran lain namun memiliki daya yang optimal untuk menyalurkan air ke pipa penyemprotan.

d. End-Section Pump

Pompa ini efektif digunakan pada area kecil yang tidak terlalu padat karena kapasitas penyemprotan lebih kecil dari pompa sentrifugal lainnya. Keunggulannya adalah ruang yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan sistem perawatan yang mudah. 

e. Multistage Multiport Pump

Merupakan pompa yang menggunakan motor penggerak tunggal dengan beberapa pasang impeller. Jumlah port dalam pompa ini berfungsi memberikan tekanan air yang berbeda-beda saat diaplikasikan. 

2. Pompa Positive Displacement

Hampir semua jenis Positive Displacement Pump disarankan dalam standar NFPA untuk menjadi komponen sistem proteksi kebakaran. Pompa ini mampu memberikan tekanan air yang stabil saat digunakan sehingga proses pemadaman berlangsung optimal. 

Baca juga: Mengenal Fungsi Fire Pump Berdasarkan Jenisnya

Rekomendasi Pompa Standar NFPA

Hampir semua perusahaan pompa skala internasional telah memenuhi standar NFPA dalam memproduksi berbagai jenis pompa. Produk mereka diterima sebagai elemen sistem proteksi kebakaran yang telah teruji. 

Di Indonesia, Osmo Marina menjadi salah satu mitra pompa hydrant dan fire pump yang menyediakan produk pompa standar NFPA dari merek-merek terkenal seperti Grundfos, Ebara, Siemens hingga Pedrollo. 

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram