HUBUNGI KAMI

Ketahui Fungsi Jockey Pump dan Jenis-jenisnya

07 Juli 2022
Category:

Dalam setiap fire hydrant system, terdapat komponen tambahan bernama jockey pump. Alat ini berukutan kecil dan berfungsi untuk menjaga kestabilan tekanan air sebelum pompa hydrant utama menyala. Walaupun tidak wajib dipasang di semua sistem fire hydrant, alat ini bisa membuat Anda menghemat jutaan Rupiah untuk perawatan sistem pemadam kebakaran.

Penggunaan jockey pump di Indonesia biasanya hanya ditemukan di gedung-gedung besar atau di kawasan industri dan pabrik yang sering terdeteksi asap atau alarm kebakaran.

Pompa Hydrant A

Sebab, fungsi jockey pump yang paling utama adalah agar pompa hydrant utama tidak usah aktif sampai saat yang sangat diperlukan.

Untuk lebih lengkapnya tentang jockey pump, mari kita bahas lebih dalam lagi dalam pertemuan hari ini.

Apa itu Jockey Pump?

Seperti yang sudah dikatakan tadi, jockey pump adalah sebuah alat kecil yang menjadi bagian dari sistem fire hydrant di gedung-gedung atau kawasan bangunaan perindustrian. Alat ini merupakan bagian dari sistem proteksi kebakaran juga, tapi biasanya ditempatkan terpisah dari fire hydrant yang utama.

Walaupun jockey pump terhubung dengan fire hydrant utama, tapi alat ini punya control yang berbeda. Bahkan biasanya control untuk jockey pump ditempatkan terpisah dari box fire control yang mengatur pompa fire hydrant terbesar di dalam gedung tersebut.

Hal ini dikarenakan jockey pump akan aktif jauh lebih sering dibandingkan fire pump utama.

Jadi dengan dipisahkan control box-nya, jockey pump bisa dimonitor dan dimatikan lebih mudah tanpa harus membuka control box fire hydrant yang lain.

Umumnya jockey pump ditempatkan di dekat fire sprinkler dan mendapat tekanan air dari pilar yang sama.

Baca juga: Fungsi Diesel Fire Pump dan Cara Kerjanya

Apa Fungsi Jockey Pump?

Secara garis besar, fungsi jockey pump adalah untuk menjaga kestabilan tekanan air yang keluar dari fire sprinkler.

Dikutip dari situs Grundfos, jockey pump akan akan memberikan tekanan yang lebih stabil kepada fire sprinkler dan ukuran PSI-nya akan terus menurun sampai pompa hydrant yang utama menyala.

Jockey pump juga dikenal dengan nama pressure maintain pump, sebab fungsinya untuk menjaga kestabilan tekanan pada sprinkler.

Ada 2 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari fungsi jockey pump sebagai bagian dari hydrant system, yaitu:

  • Mencegah pompa hydrant utama aktif untuk hal yang tidak darurat
  • Mempermudah mematikan alarm dan sprinkler agar penghuni gedung tidak terganggu

Kenapa Main Fire Pump Tidak Boleh Aktif Setiap Mendeteksi Suhu Panas?

Kebanyakan dari Anda pasti bingung, kenapa hydrant pump utama tidak boleh aktif? Padahal sebagai sistem proteksi kebakaran, fungsi utama dari main pump ini tentunya untuk memadamkan api di dalam gedung.

Jadi, setiap hydrant system punya satu pump utama yang bisa memberikan tekanan air dengan tenaga horse power besar dan air dalam volume yang banyak. Jenis pump ini disebut dengan nama main pump atau main fire pump.

Walaupun bisa memadamkan air yang besar main pump punya batas lifetime tertentu. Artinya semakin sering digunakan, semakin pendek lifetime dari main hydrant pump tersebut.

Harga service maupun mengganti main hydrant pump ini juga sangat mahal.

Itulah mengapa, Anda perlu memasang jockey pump pada hydrant system di gedung yang sering mendeteksi api kecil atau asap karena pembakaran di dalam ruangan.

Dengan begitu bila api yang terdeteksi bukan termasuk ke emergency condition, maka hanya jockey pump yang mengalirkan air dalam hydrant system.

Berapa Lama Jockey Pump bisa Aktif?

Karena fungsi jockey pump hanya untuk suplai tekanan air sementara, maka pompa jockey ini hanya bisa aktif paling lama dalam durasi 30 menit.

Tekanan air yang dikeluarkan dari pompa jockey juga terus menurun secara berkala.

Ketika tekanannya sudah habis, maka hydrant system akan menangkap sinyal ini untuk mengaktifkan jenis pompa utama di dalam gedung.

Jenis-jenis Pompa Jockey

Berdasarkan Plumbing and Mechanical Engineering, ada 2 jenis pompa jockey yang paling banyak digunakan, yaitu:

  • Centrifugal Pump
  • Multistage Pump

Mari kita lihat apa perbedaan dari kedua jenis pompa di bawah ini.

1. Centrifugal Pump

Centrifugal pump tergolong sebagai electric pump yang ditempatkan di dekat sprinkler pada sistem hydrant.

Dibandingkan jenis pompa turbine, centrifugal pump punya bentuk yang lebih sederhana tapi bisa menghasilkan tekanan yang dibutuhkan. Bentuknya juga tidak terlalu besar, sehingga mudah ditempatkan dalam bangunan seperti apapun.

Itulah mengapa, centrifugal pump adalah jenis electric pump yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Pompa Jockey

2. Multistage Vertical and Horizontal Pump

Multi-stage pump juga termasuk pompa jockey yang ditenagai oleh listrik alias termasuk electrical pump.

Sesuai dengan namanya, pompa jenis ini bisa menghasilkan tekanan air tinggi dengan cara bertahap berdasarkan stage motor yang berputar.

Pompa ini paling cocok digunakan untuk distribusi air bersih di dalam industri atau untuk mengalirkan non-chemically aggresive liquid.

Multi-stage pump juga tersedia dalam dua desain, yaitu vertical pump dan horizontal pump. Sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi ruang di industri masing-masing bila ingin memasang jockey pump tanpa harus merubah seluruh struktur system pompa.

Meskipun begitu, stok vertical multistage pump biasanya lebih banyak karena jumlah permintaannya lebih tinggi.

Baca juga: Pengertian Electric Fire Pump dan Bedanya dengan Diesel Pump

Bagaimana Cara Merawat Jockey Pump?

Sama seperti electric pump maupun diesel pump pada umumnya, jockey pump juga harus dirawat dengan benar. Salah satu penyebab yang paling utama adalah agar pressure yang dihasilkan sesuai dengan yang kita butuhkan.

Untuk merawat pompa ini, buka main drain pada sistem fire hydrant secara perlahan kemudian tutup lagi. Sekarang lihat apakah indikator jockey pump dan menghasilkan tekanan yang sesuai.

Jika tekanannya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pressure switch, lalu matikan.

Jangan lupa cek elemen lain dalam sistem fire hydrant seperti bearing, valve, spring, dan lain-lain.

Bila bangnan yang Anda kelola juga dillengkapi dengan diesel pump, selalu cek fuel tank agar tidak kosong dan tidak mengental.

Dimana Tempat Pesan Jockey Pump Indonesia?

Bila bangunan Anda ingin dilengkapi dengan pompa jockey pada sistem proteksi kebakaran, segera hubungi Osmo Marina Mandiri agar dikirimkan semua perangkat yang dibutuhkan secepat kilat.

PT Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan distributor hydrant pump resmi dari berbagai brand dengan standar internasional.

Semua produk yang dijual di sini dikirim langsung dari tiap perusahaan produsen, jadi harganya jauh lebih murah dibanding distributor lainnya.

Osmo Marina telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi maupun penyedia pump untuk kebutuhan gedung perkantoran. Jadi apapun kebutuhannya, bagaimanapun sistem hydrant yang ingin Anda buat, Osmo Marina siap memenuhinya.

Jadi sekarang kita sudah tahu fungsi jockey pump dan jenis-jenisnya. Untuk proteksi ekstra di dalam gedung serta untuk menghemat biaya reparasi dan maintenance hydrant system di dalam bangunan, pastikan kita pasang jockey pump di semua sprinkler.

Baca Juga: Syarat Pembuatan Ruang Pompa Hydrant

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram