HUBUNGI KAMI

Ketahui di Sini Dua Jenis Terbaik Vertical Pump!

19 Januari 2023

Vertical pump atau disebut juga pompa turbin vertikal adalah jenis pompa yang dirancang khusus untuk memompa air dari reservoir dalam dan sumur bor bawah tanah. Mengapa disebut sebagai pompa vertikal adalah karena pompa terhubung ke motor di permukaan tanah melalui sumbu vertikal yang panjang.

Pompa vertikal memiliki jangkauan penggunaan yang luas mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga industri dengan pemrosesan kerja berat seperti pertambangan. Dengan sistem konstruksi pompa, pompa vertikal menawarkan daya tahan tinggi untuk semua media yang disalurkan termasuk media korosif dan abrasif. 

Ketahui di Sini Dua Jenis Terbaik Vertical Pump!

Fungsi Vertical Pump

Pompa vertikal digunakan di berbagai lingkungan industri yang telah teruji efisiensi dan daya tahannya. Perawatan yang mudah dari pompa ini menjadikannya pilihan tepat termasuk untuk heavy duty. Pompa ini terutama digunakan dalam industri pemrosesan kimia, petrokimia, pembangkit listrik, eksplorasi minyak dan gas, pertambangan, dan desalinasi air laut.

Pompa vertikal juga digunakan untuk menarik maupun mendorong cairan dari tangki atau sumur yang dalam. Semua jenis pompa tersebut datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan fungsi, tetapi semuanya memiliki konfigurasi vertikal yang khas yang menggerakkan cairan dalam arah vertikal ke atas melalui pipa. 

Jenis pompa yang sama sudah lumrah digunakan dalam kisaran suhu operasi dari rendah ke tinggi, dengan tekanan yang bervariasi. Pada penerapan, vertical pump mampu beroperasi untuk berbagai jenis media termasuk fluida korosif, mudah terbakar, dan kimia.

Jadi, disimpulkan bahwa fungsi vertical pump adalah untuk memompa cairan dari jenis bervariasi untuk kebutuhan air bersih, pengolahan limbah, pengeboran dan penanganan bahan kimia. 

Prinsip Kerja Vertical Pump

Desain pompa vertikal mirip dengan pompa konvensional, dengan beberapa perbedaan unik dalam penerapannya. Pompa menggunakan gaya sentrifugal untuk mengubah energi mekanik menjadi energi kinetik dan meningkatkan tekanan cairan. Pompa vertikal memindahkan cairan dalam arah vertikal ke atas melalui pipa. 

Semua pompa memberi tekanan pada cairan, yang sebagian besar tidak dapat dimampatkan. Tidak seperti gas yang dapat dimampatkan, cairan tidak dapat dikompresi, oleh karena itu laju aliran volumetrik tidak dapat dikurangi. Oleh karena itu cairan diangkut dengan pemompaan dan laju aliran volume masuk sama dengan laju aliran volume keluar.

Pompa sentrifugal vertikal adalah mesin yang dirancang sederhana, dan memiliki kemiripan dengan pompa horizontal. Sebuah casing yang disebut volute berisi impeler yang dipasang tegak lurus pada poros berputar tegak (vertikal). 

Motor penggerak listrik menggunakan energi mekaniknya untuk memutar impeller pompa dengan bilah, dan memberikan energi kinetik ke cairan saat mulai berputar. Pompa ini dapat berupa satu tahap atau multitahap dengan beberapa tahap in-line yang dipasang secara seri.

Gaya sentrifugal melalui rotor impeller menyebabkan cairan dan setiap partikulat di dalam cairan bergerak secara radial ke luar, menjauhi pusat rotasi impeller dengan kecepatan tangensial yang tinggi. 

Aliran berputar di pintu keluar impeller kemudian disalurkan ke sistem difusi yang dapat berupa volute atau kolektor, yang mendifusikan aliran kecepatan tinggi dan mengubah kecepatan menjadi tekanan tinggi. 

Pada pompa vertikal, tekanan keluar yang tinggi memungkinkan cairan dipompa ke lokasi vertikal yang tinggi. Dengan demikian gaya tekanan keluar pompa digunakan untuk mengangkat cairan ke tingkat yang tinggi, dan biasanya pada tekanan sisa yang tinggi bahkan pada pelepasan pipa.

Jenis Vertical Pump yang Paling Efisien

Pada urutan teratas, vertical pump datang dari jenis pompa sentrifugal dan submersible pump. 

1. Centrifugal Vertical Pump

Pompa sentrifugal dirancang untuk menangani cairan korosif dalam pengolahan limbah, pengurasan bah, transfer tangki, agitasi, proses basah, dan aplikasi industri lainnya. Jenis pompa ini mengangkut cairan dengan konversi energi kinetik rotasi menjadi energi hidrodinamik dari aliran fluida. 

Energi rotasi pompa ini berasal dari mesin atau motor listrik yang digunakan. Cairan memasuki impeler yang berputar cepat di sepanjang sumbunya dan dikeluarkan melalui gaya sentrifugal di sepanjang kelilingnya melalui ujung baling-baling impeller. 

Kerja impeller meningkatkan kecepatan dan tekanan fluida untuk mengarahkannya ke outlet pompa. Casing pompa dirancang untuk menyempitkan cairan dari saluran masuk pompa, mengarahkannya ke impeller, lalu memperlambat dan mengontrol cairan sebelum dikeluarkan.

Baca juga: Sekilas Tentang Centrifugal Pump dan Fungsinya

2. Submersible Vertical Pump

Pompa submersible vertikal, juga dikenal sebagai pompa sumur, adalah perangkat yang memiliki motor tertutup rapat yang dipasangkan dengan badan pompa. Pompa ini bekerja mirip dengan jenis pompa sentrifugal tetapi dapat terendam seluruhnya di dalam cairan sehingga sering digunakan jauh di bawah tanah, seperti di layanan pembuangan limbah. 

Fitur unik dari pompa jenis ini adalah mendorong air ke permukaan, bukan menghisapnya. Keuntungan lain menggunakan pompa submersible vertikal adalah berkurangnya tingkat kebisingan karena berada jauh di bawah tanah.

Baca juga: Cara Kerja, Fungsi, dan Tips Memilih Submersible Pump

Rekomendasi Vertical Pump

Berbagai brand pompa di Osmo Marina menawarkan aneka vertical pump dengan kapasitas bervariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Kunjungi website resmi untuk memilih salah satu yang paling cocok dengan target yang ingin dicapai dalam pemompaan. 

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram