HUBUNGI KAMI

Mengenal Jenis Pompa Submersible dan Aplikasinya

21 Juni 2023

Pompa submersible dikenal sebagai pompa khusus untuk sumur bor atau sumur dalam meskipun penggunaannya sudah meluas seiring kemampuan dan keunggulannya. Pompa ini memiliki karakteristik khusus yakni mampu bekerja dengan baik di dalam endapan fluida (di bawah permukaan air) sehingga ideal pula pada aplikasi selain sumur seperti kolam renang dan pengelolaan air kotor/banjir. 

Tipe dan Jenis Pompa Submersible

Pompa Submersible terbagi menjadi dua kategori atau tipe berdasarkan kemampuan pemompaan yakni Pompa Submersible Sumur Dalam (Deep Well Submersible Pump) dan Pompa Submersible Sumur Dangkal (Shallow Well Submersible Pump). 

  • Deep Well Submersible Pump digunakan untuk sumur yang sangat dalam, biasanya dengan kedalaman lebih dari 25 meter. Pompa submersible tipe sumur dalam memiliki desain yang kuat dan dapat memompa air dari kedalaman yang signifikan.
  • Pompa Submersible Tipe Sumur Dalam digunakan untuk sumur dangkal dengan kedalaman kurang dari 25 meter. Pompa submersible tipe sumur dangkal lebih kompak dan cocok untuk penggunaan di sumur dangkal pada perumahan dan pada industri kecil-menengah.

Baca juga: Rekomendasi Pilihan Pompa Deep Well Terbaik

jenis pompa sumbersible
Sumber: Ebara Indonesia

Jenis Pompa Submersible

Jenis pompa Submersible terbagi menjadi dua jenis utama jika melihat jumlah impeller. Keberadaan impeller dalam pompa ini sangat penting karena berpengaruh terhadap jumlah tekanan, volume air dan jangkauan pemompaan. Kedua jenis tersebut adalah:

1. Single-stage Submersible Pump

Single-stage submersible pump adalah jenis pompa sumur dalam yang terdiri dari satu tahap atau satu impeller. Pompa ini efisien untuk memindahkan air dalam jumlah besar dengan tekanan yang relatif rendah. Biasanya digunakan untuk aplikasi rumah tangga, irigasi, atau pasokan air komersial.

Cara Kerja:

Pompa ini umumnya menggunakan prinsip suction-discharge untuk menggerakkan fluida. Pompa ditempatkan di dalam sumur dan dihubungkan dengan kabel listrik ke permukaan. Ketika pompa dihidupkan, motor listrik di dalamnya menggerakkan impeller untuk memompa air dari sumur. Air dihisap melalui saringan pada bagian bawah pompa dan kemudian ditekan keluar melalui pipa dorong ke permukaan. 

Aplikasi:

Single-stage submersible pump memiliki fungsi utama untuk memompa air dari sumur dalam ke permukaan. Pompa ini sering digunakan dalam aplikasi sumur dalam seperti pemenuhan kebutuhan air bersih untuk rumah tangga, irigasi pertanian, pengelolaan air industri, atau pengurasan air dari sumur bor. 

Kemampuannya adalah memindahkan air secara efisien dan dengan tekanan yang cukup untuk mencapai tujuan yang diinginkan. keunggulan dari single-stage submersible pump adalah efisiensi tinggi dalam pemompaan air, kebisingan yang rendah, dan kemampuan memompa air dari kedalaman yang dalam. 

Perlu diingat bahwa pemilihan pompa yang tepat harus mempertimbangkan faktor seperti kedalaman sumur, debit air yang dibutuhkan, tekanan yang diinginkan dan karakteristik lingkungan sekitarnya.

2. Multistage Submersible Pump

Pompa submersible multistage adalah jenis pompa yang dirancang khusus untuk sumur dalam dengan kebutuhan tekanan tinggi. Pompa ini terdiri dari beberapa impeller yang terhubung secara seri di dalam casing. Setiap impeller bertanggung jawab untuk meningkatkan tekanan air secara bertahap saat melewati tahap-tahap pompa.

Cara kerja:

Pompa submersible multistage dimulai ketika air masuk melalui saluran masuk pompa. Impeller pertama, yang terhubung langsung dengan poros motor, mulai memutar dan mendorong air ke impeller berikutnya. Proses ini berlanjut pada setiap impeller hingga air mencapai impeller terakhir. Setiap impeller meningkatkan tekanan air secara bertahap sehingga pada akhirnya tekanan yang lebih tinggi tercapai.

Pompa submersible multistage sangat cocok untuk sumur dalam yang membutuhkan dorongan ekstra untuk memompa air ke permukaan. Dengan impeller bertingkat, pompa ini mampu mengatasi tekanan tinggi dan meningkatkan daya dorong air secara efektif. 

Kelebihan dari pompa submersible multistage adalah kemampuan mereka untuk mengatasi tekanan tinggi dan menghasilkan aliran yang stabil, sehingga memungkinkan penggunaan air dengan efisien dan efektif.

Dengan ukuran yang relatif kecil, efisiensi yang tinggi dan kemampuan bekerja secara submersible di dalam air membuat pompa submersible multistage menjadi pilihan yang populer untuk aplikasi sumur dalam dengan kebutuhan tekanan tinggi seperti irigasi pertanian, suplai air komersial, dan sistem pemadam kebakaran.

Jenis:

Pompa submersible multistage vertikal: Jenis ini memiliki impeller yang terhubung secara seri dan ditempatkan secara vertikal di dalam sumur. Biasanya digunakan untuk memompa air dari sumur dalam dengan tekanan tinggi.

Pompa submersible multistage horizontal: Jenis ini memiliki impeller yang terhubung secara seri dan ditempatkan secara horizontal di dalam sumur. Cocok untuk pemompaan air dari sumber air dalam dengan tekanan yang lebih tinggi.

Pompa submersible multistage centrifugal: Jenis ini menggunakan prinsip kerja sentrifugal dengan beberapa impeller yang terhubung secara seri. Cocok untuk memompa air dengan tekanan tinggi dan volume yang lebih besar.

Pompa submersible multistage sumbu ganda: Jenis ini memiliki dua poros yang berputar secara berlawanan arah, dengan masing-masing poros memiliki impeller sendiri. Dirancang untuk aplikasi yang membutuhkan tekanan tinggi dan keandalan yang tinggi.

aplikasi submersible pump

Fungsi dan Aplikasi Pompa Submersible

Secara umum, pompa submersible memberikan empat manfaat utama yang mencakup:

  • Memompa fluida/air dari bawah permukaan (sumur bor) ke atas permukaan. Aplikasi paling umum dari pompa submersible adalah sebagai pemasok air bersih dari sumur bor/sumur dalam untuk kebutuhan rumah tangga, industri hingga pertanian.
  • Mengalirkan air dari sumber yang lebih rendah ke daerah yang lebih tinggi misalnya untuk irigasi dan drainase. 
  • Mengeluarkan air dari area yang tergenang, seperti kolam renang, ruang bawah tanah, atau daerah dengan risiko banjir.
  • Diaplikasikan dalam sistem pengolahan air limbah yang berfungsi membuang limbah dari daerah yang tergenang, kolam dan reservoir. Pompa ini memiliki desain untuk bekerja pada cairan kotor dengan usia pemakaian yang panjang.

Penggunaan Pompa Submersible

Kemampuan mendorong air ke permukaan dengan tekanan yang ideal membuat pompa ini digunakan dalam berbagai aplikasi. Penggunaan paling umum adalah:

  • Untuk memompa air dari sumur atau sumber air bawah tanah yang dalam ke permukaan. Ini umumnya digunakan untuk memasok air minum bagi komunitas, perkantoran, perumahan, atau bangunan komersial.
  • Untuk memompa air dari sumur atau sungai ke lahan pertanian. Ini membantu menyediakan air yang cukup untuk pertumbuhan tanaman dan menjaga produktivitas pertanian.
  • Untuk mengeluarkan air yang tergenang atau mengalir di dalam area yang terendam. Ini dapat digunakan dalam aplikasi pengeringan bangunan, pembuangan air banjir, sistem drainase perkotaan dan pembuangan air limbah.
  • Digunakan dalam aplikasi industri dan komersial yang membutuhkan pasokan air bawah tanah, seperti pengisian tangki penyimpanan, pendinginan sistem pendingin, atau pengolahan air.
  • Digunakan dalam aplikasi maritim seperti pembongkaran kapal tenggelam, pengeboran bawah laut, konstruksi lepas pantai, atau pemompaan air dari kapal selam atau kapal karam.
  • Digunakan dalam pengolahan air limbah untuk memindahkan air yang terkontaminasi, limbah padat, atau lumpur dari saluran pembuangan ke fasilitas pengolahan.

Baca juga: 4 Jenis Kabel Submersible Pompa Air dan Perbedaannya

Manfaat dan aplikasi pompa submersible akan optimal jika mempertimbangkan kapasitas pompa/head pompa, karakteristik fluida dan jarak pemompaan. Osmo Marina menyediakan beragam brand pompa dengan jenis lengkap untuk tipe submersible pump. Konsultasikan kebutuhan spesifik anda sebelum pemesanan. Klik di sini!

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram