HUBUNGI KAMI

Pentingnya Pompa Banjir Kapasitas Besar sebagai Flood Control

10 Oktober 2022
Category:

Pompa banjir kapasitas besar atau high capacity flood control pump merupakan jenis industrial pump khusus untuk menangani masalah dewatering. Memang tidak semua industri butuh pompa ini.

Namun khusus di Indonesia, dimana hampir semua industri berpusat di Jakarta, di daerah pertambangan, serta di daerah pesisir laut, pompa air untuk flood control telah menjadi bagian terpenting dari semua industri tersebut.

Tidak seperti industrial pump lainnya yang berfungsi sebagai elemen produksi, flood pump justru berperan sebagai pengontrol dan pelindung aset dalam bangunan.

Pentingnya Pompa Banjir Kapasitas Besar sebagai Flood Control

Pentingnya Strategi Flood Control untuk Industrial Building

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hampir semua industri di Indonesia berlokasi di daerah rawan banjir. Sebagai Negara Maritim, Indonesia punya banyak industri perikanan, tambak, dan perdagangan jalur laut melalui pelabuhan.

Ketiga industri itu saja sudah terekspos ke area lautan yang punya resiko tinggi terkena air rob hingga tsunami. Belum lagi daerah Jakarta yang sudah sering terendam banjir sejak sebelum Indonesia merdeka.

Jika tidak dibiarkan saja, aset yang terendam dapat menghambat produktivitas industri Anda. Apalagi jika industri yang Anda jalani punya warehouse building yang menyimpan semua produk sebelum waktu pengiriman.

Ketika terendam air, baik karena tsunami, hujan deras, atau karena bencana apapun, seluruh produk di dalam warehouse bisa terendam dan tidak layak dijual lagi. Dan di bulan-bulan ketika curah hujan selalu tinggi, masalah yang terasa sepele ini dapat memberi impact kerugian yang sangat besar.

Itulah mengapa pompa air untuk pengontrol menjadi elemen penting dalam industrial building.

Dengan pompa air untuk flood control, kerugian-kerugian yang disebabkan oleh genangan air bisa diperkecil. Bahkan beberapa jenis pompa dapat bekerja menyurutkan air sebelum mencapai level dimana genangan tersebut menyebabkan masalah di industri Anda.

Pompa banjir kapasitas besar bukan hanya digunakan oleh para pelaku industri saja. Secara tidak langsung, manfaat pompa air ini juga dirasakan oleh pemilik rumah tangga di daerah rawan tergenang banjir.

Sebab pompa air berkapasitas besar dapat digunakan untuk mengontrol air dalam skala area kecil seperti daerah perumahan, atau skala yang lebih besar seperti satu kota Jakarta.

Hal ini sebenarnya berhubungan dengan kerugian yang ditimbulkan oleh luapan air ini terhadap ekonomi daerah.

Selama air menggenang di satu kota, maka kegiatan ekonomi di kota tersebut akan terhenti. Tidak ada produk yang terjual maupun didistribusikan karena jalanan tidak bisa dilewati.

Oleh karena itu pemerintah pusat maupun daerah memiliki pompa air sebagai flood control untuk melindungi rumah - rumah sekaligus mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam ini.

Baca juga: Jenis-jenis Mesin Penyedot Air Banjir Berdasarkan Kapasitasnya

Industri Apa Saja yang Membutuhkan Pompa Banjir Kapasitas Besar?

Sebelumnya juga sudah disebutkan bahwa tidak semua industri membutuhkan pompa air untuk flood control, kecuali industri tersebut berlokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Namun, salah satu produsen high capacity flood control pump terbaik, HCP Pump, menjelaskan industri mana saja yang butuh pompa air sebagai flood control dalam daftar di bawah ini.

  • Industri tambak dan pelabuhan
  • Industri dengan power plant dan sistem drainase
  • Industri tambang
  • Industri agrikultur
Industri Apa Saja yang Membutuhkan Pompa Banjir Kapasitas Besar?

Khusus untuk industri agrikultur, pompa air berkapasitas besar ini bukan hanya digunakan untuk flood control saja. Namun juga sebagai suplai air dalam sistem irigasi dari sungai, bendungan, atau sumur.

Oleh karena itu, pompa akan dilengkapi dengan filter. Tugas filter disini adalah membersihkan kotoran yang terbawa oleh air agar tidak mengkontaminasi tanaman.

Sedangkan dalam industri agrikultur yang berfokus pada penanaman padi, pompa air juga digunakan untuk mengontrol air agar tidak melebihi batas yang dibutuhkan.

Contoh Penggunaan Pompa Air Kapasitas Besar

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan dalam Herald Open Acces berjudul Flood Control and It's Management, dijelaskan bahwa penggunaan pompa air dilakukan untuk proses dewatering genangan air di ara pompa tersebut.

Dewatering artinya menyurutkan atau mengalirkan genangan air dari lokasi tertentu dan menjaga agar permukaan air tetap rata sampai kering.

Proses dewatering bisa dilakukan ketika, sebelum, atau setelah fenomena hujan deras, badai, atau banjir rob terjadi.

Salah satu contoh proses dewatering yang dilakukan sebelum hujan selesai adalah dengan menggunakan sensor pada high capacity flood control pump. Ketika genangan air mencapai ukuran meter tertentu, misalnya settingan hingga satu meter, maka sensor akan menyalakan pompa secara otomatis dan proses dewatering dimulai.

Sedangkan pada pompa banjir berkapasitas besar manual, mesin pompa air hanya bisa dinyalakan ketika hujan sudah mereda. Sebab mesin ini membutuhkan daya dan diaktifkan melalui control panel dalam industrial building tersebut.

Jika hujan badai sampai mengakibatkan putusnya daya listrik ke bangunan, maka mesin pompa air tidak akan bisa menyala kecuali menggunakan backup power source.

Baca juga: 9 Pilihan Pompa Banjir Terbaik di Osmo Marina

Dimana Tempat Membeli Mesin Pompa Air Berkapasitas Besar?

Untuk Anda para pelaku industri yang berlokasi di Jakarta, Osmo Marina siap memenuhi kebutuhan pompa air untuk flood control.

Osmo Marina merupakan perusahan yang bergerak khusus dalam bidang distributor produk industrial pump.

Di sini, kami menyediakan pompa air dengan kualitas barang berstandar internasional dari perusahaan ternama seperti HCP, Tsurumi, Niagara, Ebara, Shinmaywa, Showfou dan masih banyak lagi.

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram