HUBUNGI KAMI

Mengetahui Apa Saja Jenis Pompa Sentrifugal

24 Maret 2023

Pompa sentrifugal adalah salah satu komponen yang paling penting dari pabrik proses. Pemilihan yang tepat dari berbagai jenis pompa sentrifugal sangat penting untuk kinerja pabrik. Ini digunakan di semua fasilitas seperti kilang, platform produksi minyak, pabrik petrokimia, pembangkit listrik, dll. Di industri lain seperti pertanian, pemrosesan makanan, dan bahkan di bangunan tempat tinggal untuk memasok air.

Di pabrik proses, pompa sentrifugal mengangkut cairan dari satu peralatan ke peralatan lainnya. Pompa juga digunakan untuk mengangkut cairan dalam jarak jauh melalui jaringan pipa lintas negara. Ini juga digunakan untuk mencapai tekanan yang diinginkan untuk aplikasi proses tekanan tinggi tertentu seperti pompa air umpan boiler.

Mengetahui Apa Saja Jenis Pompa Sentrifugal

Apa itu Pompa Sentrifugal?

Pompa sentrifugal adalah bagian dari peralatan putar yang mengubah energi kinetik menjadi head tekanan fluida. Daya eksternal dari motor listrik atau generator diesel menggerakkan impeller pompa. Cairan memasuki impeller, dan dengan gaya sentrifugal, keluar dari ujung impeller melalui casing volute.

Dalam bahasa sederhana, bisa dikatakan bahwa pompa sentrifugal adalah mesin yang digunakan untuk mengangkut cairan dari satu tempat ke tempat lain menggunakan gaya sentrifugal. 

Bagaimana Cara Kerja Pompa Sentrifugal?

Prinsip kerja pompa adalah konversi energi. Pertama, cairan yang memasuki nozzle pompa akan mengisi rongga dimana baling-baling impeller berputar. Impeller pompa digerakan oleh motor, bekerja dengan kecepatan tertentu sehingga memaksa cairan keluar dengan gaya sentrifugal. Pada proses ini, cairan akan mendapatkan dampak terhadap kecepatan.

Sekarang, cairan masuk ke dalam volute casing (terkadang dengan diffuser), yang mengurangi kecepatannya dan selanjutnya meningkatkan tekanan. Ini juga mengalirkan cairan ke nosel pembuangan.

Impeller dan casing adalah bagian utama yang melakukan semua pekerjaan konversi energi. Impeller mentransfer daya ke cairan, dan casing membantu mengubah kepala cairan yang sama.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kerja Pompa Sentrifugal

1. Tekanan Hisap

Jika tekanan pada hisapan pompa kurang dari yang dibutuhkan, hal itu dapat menyebabkan kavitasi. Kavitasi akan sangat mempengaruhi kinerja pompa dan dapat merusak impeller secara permanen.

2. Aliran saat hisap

Aliran konstan fluida diperlukan saat hisap pompa; jika tidak, itu tidak akan beroperasi pada kondisi desain. Jika aliran berkurang pada hisap, aliran debit akan berkurang. Jika tidak ada aliran pada hisapan, itu akan sangat merusak bagian dalam pompa. Anda tidak dapat mengeringkan pompa jenis ini. Selain itu, Anda harus menggerakkan pompa sebelum memulai jika kosong setelah penggunaan terakhir.

3. Viskositas cairan

Pompa sentrifugal adalah pilihan yang sangat baik untuk cairan kental yang bersih dan rendah. Biasanya, cairan dengan kurang dari 500 Centistoke adalah pilihan yang tepat. Namun, Anda dapat merancang pompa untuk mengalirkan cairan yang lebih kental, tetapi itu akan lebih haus daya dan tidak efisien.

4. Tekanan Uap Fluida

Fluida proses dengan tekanan uap yang sangat rendah tidak sesuai karena dapat menyebabkan kavitasi. Jika Anda bekerja dengan cairan seperti itu, pastikan Anda memiliki tekanan yang cukup di sistem Anda sepanjang waktu.

5. Densitas fluida

Cairan dengan densitas tinggi tidak akan bekerja dengan pompa. Dengan kerapatan yang lebih tinggi, pompa harus bekerja lebih keras untuk mendorong cairan. Sekali lagi, ini akan menciptakan situasi yang kurang ideal untuk pengoperasian dan pemeliharaan karena kebutuhan daya dan pemeliharaan yang meningkat.

Baca juga: Mengenal Jenis Impeller Pompa Sentrifugal

Jenis Pompa Sentrifugal

Pompa Sentrifugal menjadi salah satu kategori pompa dengan pengaplikasian yang luas. Daripadanya, beberapa jenis berikut merupakan jenis paling umum yang ditemukan. 

Jenis Pompa Sentrifugal

1. Pompa Aliran Radial

Pada pompa aliran radial, fluida berputar 90 derajat dari hisapan. Sebagian besar pompa sentrifugal termasuk dalam kategori ini. Fluida masuk melalui flens hisap horizontal dan keluar melalui flensa pelepasan vertikal. Itu berarti pelepasan tegak lurus terhadap poros pompa. 

Desain ini digunakan ketika Anda ingin meningkatkan tekanan pelepasan dengan aliran fluida yang terbatas. Anda dapat dengan mudah mengatakan bahwa itu adalah tekanan tinggi - pompa laju aliran rendah. Sebagian besar pompa yang digunakan dalam minyak dan gas termasuk dalam kategori ini.

2. Pompa Axial

Ketika fluida mengalir sejajar dengan poros pompa, itu disebut pompa aliran aksial. Pada pompa jenis ini, cairan pemompa bergerak sejajar dengan poros pompa. Tindakan ini menyerupai kerja atau propelan. Pompa ini berguna saat menangani cairan dalam jumlah besar dengan head tekanan yang sangat kecil. Pompa dewatering dan pompa sirkulasi air adalah kasus penggunaan sehari-hari dari pompa aksial.

3. Pompa Aliran Campuran

Seperti namanya, ketika aliran fluida dicampur dari radial dan aksial, itu disebut pompa aliran campuran. Ini adalah pertukaran antara pompa tipe radial dan aksial. Itu dapat menangani laju aliran tinggi dengan peningkatan tekanan yang layak.

Desain impeller tunggal berguna untuk laju aliran yang besar dengan peningkatan head tekanan yang relatif lebih kecil. Desain multistage digunakan saat Anda membutuhkan head yang sangat tinggi saat pelepasan. Dalam hal ini, impeller dihubungkan secara seri sehingga setiap tingkat akan menaikkan tekanan fluida.

4. Pompa Overhung

Impeller terpasang poros didukung oleh bantalan di kedua ujungnya. Pompa bertingkat yang dipasang secara horizontal hadir dalam desain ini.

Mari kita lihat beberapa pompa sentrifugal yang umum digunakan saat ini. Karena digunakan untuk pekerjaan yang berbeda, penting untuk mengetahui mana yang akan digunakan.

Keunggulan:

  • Memiliki laju aliran tinggi pada daya yang relatif rendah.
  • Mudah disesuaikan untuk bekerja pada efisiensi puncak dengan mengubah nada baling-baling.

Aplikasi yang paling umum dari pompa aliran aksial adalah ceruk limbah mulai dari layanan komersial, industri dan kota. Mereka juga digunakan dalam pompa transfer untuk berlayar pemberat. Mereka dapat digunakan untuk mengangkat air yang digunakan untuk irigasi dan memompa air dari waduk.

Ini adalah dengan impeller campuran. Impeller untuk pompa berkecepatan tinggi dilengkapi dengan diffuser dan selubung tubular, sedangkan impeller untuk kecepatan yang relatif rendah dilengkapi dengan selubung volute. Cairan atau gas masuk melalui bidang aksial, dan kemudian digerakkan oleh impeller dan keluar di sudut kanan ke poros secara radial. Jenis pompa ini beroperasi pada tekanan yang lebih tinggi daripada pompa aliran aksial dan menawarkan debit yang lebih tinggi daripada pompa aliran radial.

5. Pompa Periferal

Pada pompa periferal, impeller periferal berputar dalam saluran casing konsentris yang besar. Saat cairan berulang kali bersirkulasi antara impeller dan permukaan pipa, energi tinggi tercipta. Energi yang tercipta memaksa fluida untuk bergerak dari pusat rotasi ke titik keluar. 

6. Pompa Jet atau Jet Pump

Merupakan jenis pompa yang dikendalikan menggunakan saklar daya. Jet pump menjadi pompa sentrifugal yang sangat umum digunakan untuk memompa air bersih dari sumur di perumahan. Keunggulan dari jet pump adalah sistem operasi yang mudah dan harga yang terjangkau. 

***

Bandingkan harga pompa sentrifugal dari berbagai brand pompa terkenal di Osmo Marina dan dapatkan spesifikasi terbaik untuk kebutuhan anda. 

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram