HUBUNGI KAMI

Mengenal Pompa Solar dan Jenisnya 

01 Agustus 2023
Category:

Pompa solar didesain dengan karakteristik khusus untuk mengalirkan solar yang memiliki viskositas relatif lebih tinggi daripada bensin dan bersifat korosif terhadap beberapa material. Material pompa dari baja tahan karat (stainless steel) dan komposit disarankan dalam hal ini. 

Untuk memastikan distribusi solar yang optimal, pompa yang digunakan didesain dengan memiliki ruang pompa luas serta kecepatan putar impeller (jika pompa sentrifugal) yang ideal. Oleh karena itu, tidak semua pompa yang digunakan untuk distribusi cairan fuel dapat digunakan untuk solar.

Karakteristik Pompa Solar

Pompa solar yang tersedia saat ini umumnya memiliki karakteristik utama yang mencakup:

  • Ruang pemompaan cukup luas untuk mengakomodasi bahan bakar solar yang lebih kental dan membantu mengurangi tekanan dan kerugian pada sistem pompa.
  • Memiliki kecepatan putar yang sesuai dengan viskositas solar. Kecepatan yang tepat telah memastikan efisiensi dan kinerja yang baik.
  • Material tahan korosi. Solar mengandung komponen yang korosif, sehingga pompa harus menggunakan material yang tahan korosi khususnya pada komponen bersentuhan langsung dengan cairan.
  • Pada jenis sentrifugal, desain Impeller sangat menentukan kemampuan untuk mengatasi viskositas solar. Desain impeller harus mempertimbangkan karakteristik aliran solar yang cukup kental.
  • Jenis pompa solar tertentu membutuhkan sistem pemanas untuk mengurangi viskositas solar sebelum memasuki pompa. Pemanasan membantu meningkatkan aliran dan menghindari masalah dengan viskositas yang terlalu tinggi.
  • Pompa sentrifugal dan gear pump merupakan dua jenis paling umum yang dipakai sebagai pompa solar sejauh ini. 

Cara Kerja Pompa Solar

Untuk mendistribusi solar, dapat dikatakan tidak ada cara kerja spesifik dari pompa yang digunakan. Sebagaimana pompa fluida pada umumnya, cara kerja pompa solar tergantung pada jenis yang digunakan. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya maka perhatikan jenis pompa solar berikut:

Pompa Solar Jenis Sentrifugal

Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang paling umum digunakan untuk mengalirkan bahan bakar solar. Pompa ini bekerja dengan prinsip gaya sentrifugal yang menciptakan aliran bahan bakar dengan putaran impeller. 

Pompa sentrifugal cocok untuk mengalirkan fluida dalam jumlah besar dan viskositas yang rendah hingga sedang sehingga penggunaan untuk solar sangat ideal. Contoh jenis ini adalah pompa Onga dan pompa torishima CEN.

Pompa Solar Gear Pump

Gear pump merupakan jenis pompa solar yang menggunakan gear yang berputar untuk menciptakan aliran fluida. Kemampuan mekanisme gear untuk menekan cairan memungkinkannya mengalirkan solar dengan performa yang handal. Contohnya adalah pompa Koshin Pump GB/GC.

Pompa Solar Positive Displacement Pump

Pompa solar jenis positive displacement pump atau pompa perpindahan positif bekerja dengan menggerakkan sejumlah volume solar yang tetap pada setiap siklusnya. Keunggulan jenis ini adalah kemampuan untuk mempertahankan aliran yang konsisten.

Pompa Solar Reciprocating Pump

Reciprocating Pump atau pompa piston adalah jenis pompa yang menggunakan gerakan piston naik-turun untuk mengalirkan solar. Jenis ini menghasilkan aliran solar yang relatif rendah. 

Pompa Jet (Ejector Pump)

Pompa jet adalah jenis pompa solar yang mampu menghasilkan aliran solar bertekanan tinggi. Jenis ini digunakan pada kebutuhan spesifik dimana pengguna membutuhkan aliran solar dengan tekanan optimal.

Rekomendasi Pompa Solar

Dalam penggunaan praktis, pemilihan jenis pompa yang sesuai harus mempertimbangkan karakteristik dan persyaratan khusus dari aplikasi penggunaan bahan bakar solar. Dilansir dari situs Osmo Marina, berikut rekomendasi pompa solar terbaik saat ini:

  • Gear Pump Koshin

Pompa Gear Koshin terdiri dari 2 jenis yaitu model rotary gear pump GC dimana menggunakan pulley dan Pompa gear GL. Dalam beroperasi rotary gear pump GC menggunakan pulley sehingga RPM bisa diatur menjadi RPM rendah, serta Pompa Gear Koshin GC bisa juga diaplikasikan ke penggerak mesin dengan menggunakan van belt. Selain daripada Pompa Gear Koshin Model GC , terdapat juga model GL dimana menggunakan kopling dengan penggerak Dinamo Elektrik. 

  • Gear Pump Yuema 

Pompa Gear Yuema ini terdiri dari beberapa model yaitu Gear Yuema KCB, Gear Yuema 2CY, Gear Yuema YCB. Dengan aplikasi berbeda - beda maka 3 jenis model Gear Yuema ini sangat umum digunakan di berbagai macam industri di Indonesia.

  • Pompa Interzigma

Pompa Gear Interzigma memiliki banyak varian yaitu varian ukuran Gear 3 inch hingga 8 inch. Pompa Gear Interzigma juga memiliki pressure yang sangat besar yaitu dari 3 hingga 10 bar. 

  • Pompa Torishima CEN

Pompa Torishima CEN adalah model pompa transfer solar yang sangat baik. Model Centrifugal ini adalah varian yang tidak kalah dengan pompa gear solar lainnya. Dengan model yang sangat kokoh dan range varian yang luar. Pompa Torishima mampu memenuhi kebutuhan pompa transfer solar.

  • Pompa solar Onga

Pompa Solar Onga adalah model pompa transfer solar yang portable . Model pompa ini adalah varian yang tidak kalah dengan pompa solar lainnya. Pompa Solar Onga memiliki kelebihan dalam kegunaannya yang portable dan mudah di bawa-bawa.

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram