HUBUNGI KAMI

Jenis-Jenis Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Pompa Slurry

19 Juli 2023

Apakah Anda sedang mencari pompa lumpur? Kali ini kita akan membahas mengenai jenis pompa slurry yang bisa digunakan untuk mengolah limbah. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa mengolah limbah sebelum dibuang.

Mengenal Pompa Lumpur

Salah satu jenis pompa yang banyak digunakan untuk mengolah limbah adalah pompa slurry. Jenis pompa ini dapat membantu untuk menghilangkan lumpur dalam proses penyaringan cairan di pabrik industri.

Selain itu, pompa ini tergolong jenis pompa sentrifugal yang memberikan kemudahan pada proses penyaringan limbah. Anda bisa menemukan penggunaan pompa lumpur di pabrik pertambangan, pembangkit listrik, pengolahan limbah dan sebagainya.

Keberadaan jenis pompa lumpur akan sangat membantu proses pengolahan limbah pabrik dengan lebih baik. Dalam artian, Anda bisa mengolah limbah tersebut supaya tidak memberikan dampak negatif saat dibuang ke lingkungan.

Fungsi Pompa Lumpur

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai fungsi slurry pump atau pompa lumpur. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa menggunakan pompa lumpur sesuai dengan fungsinya. Sehingga setiap proses penyaringan akan berjalan lancar sesuai dengan keinginan.

Beberapa fungsi dari pompa slurry yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Penghilang Lumpur pada Pabrik Pertambangan

Pabrik pertambangan membutuhkan keberadaan pompa lumpur untuk menghilangkan lumpur. Hal ini penting supaya cairan yang akan diambil tidak bercampur dengan lumpur. Lumpur yang padat akan dipisahkan dari cairan oleh pompa lumpur.

Pompa ini memiliki komponen slurry pump yang berfungsi untuk menghilangkan lumpur dengan mudah. Sehingga setiap proses perpindahan cairan pertambangan dapat berjalan lancar. Proses pemindahan cairan tidak akan dihambat oleh keberadaan lumpur.

2. Memindahkan Padatan dengan Pasti

Fungsi lain dari pompa lumpur adalah mampu memindahkan lumpur dengan aman. Dalam artian perancangan slurry pump disesuaikan dengan fungsinya sehingga aman dari kerusakan. Anda bisa memindahkan cairan yang bercampur dengan lumpur dengan aman dan lancar.

Campuran lumpur dengan cairan tersebut akan berbentuk bubur yang padat. Anda tidak perlu khawatir dengan proses pemindahan bubur tersebut. Pompa lumpur akan menyelesaikan masalah tersebut dengan baik untuk Anda.

3. Pengolahan Limbah

Anda juga bisa menggunakan pompa slurry untuk pengolahan limbah. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin membuang limbah pabrik ke lingkungan. Pastikan bahwa limbah tersebut sudah diolah sehingga tidak akan mencemari lingkungan.

Pengolahan limbah dengan memanfaatkan pompa lumpur akan membantu menjaga agar lingkungan tidak mendapatkan dampak negatif dari limbah. Anda bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan aman dengan melakukan pengolahan limbah dengan baik.

Jenis-jenis Pengolahan Limbah

Setelah mengetahui fungsi pompa lumpur untuk mengolah limbah, maka Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis pengolahan limbah. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa menentukan jenis pengolahan limbah seperti apa yang akan Anda lakukan.

Terdapat berbagai jenis pengolahan limbah yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Pengolahan Limbah Secara Biologi

Anda bisa melakukan pengolahan limbah secara biologi. Pengolahan dengan cara ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai jenis organisme. Misalnya Anda bisa menggunakan biota hidup atau mikroba.

Proses pengolahan limbah secara biologi berlangsung lebih lama karena proses dilakukan secara organik. Dalam artian, biota dan mikroba akan melakukan pekerjaannya secara alami sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.

Keunggulan pengolahan limbah secara biologi adalah Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia. Sehingga Anda bisa mengeluarkan anggaran yang sedikit. Hal ini tentu saja akan membantu Anda mengurangi biaya produksi.

Sedangkan, kelemahannya yaitu Anda perlu menunggu dengan sabar karena prosesnya cukup lama. Sehingga Anda memerlukan tempat yang aman untuk menyimpan limbah tersebut supaya pengolahannya dapat berlangsung dengan lancar.

2. Pengolahan Limbah Secara Kimia

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai cara pengolahan limbah secara kimia. Jenis pengolahan ini bisa menggunakan centrifugal water pump. Sedangkan, untuk pengolahan limbahnya menggunakan zat kimia.

Proses ini dapat berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan pengolahan limbah biologi. Sehingga Anda bisa melakukan proses pengolahan limbah dalam waktu yang cukup singkat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keunggulan dari pengolahan limbah secara kimia adalah dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai jenis zat kimia yang aman untuk mengelola limbah.

Kelemahannya yaitu Anda harus lebih berhati-hati dalam menentukan zat kimia yang akan digunakan. Hal ini penting, supaya Anda tidak mencemari lingkungan dengan pengolahan limbah yang menggunakan zat yang berbahaya.

3. Pengolahan Limbah Secara Fisika

Selain pengolahan limbah secara biologi dan kimia, Anda juga bisa menggunakan pompa slurry untuk mengolah limbah secara fisika. Dalam artian, Anda bisa melakukan pemisahan kotoran yang berbahaya dari limbah dengan menggunakan perlakukan fisik.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas misalnya, sedimentasi, penyaringan, absorbs, dan sebagainya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan cairan yang Anda kelola. Hal ini perlu diperhatikan supaya Anda tidak salah dalam melakukan perlakuan fisik yang dibutuhkan.

Kelebihan dari pengolahan limbah secara fisika adalah dapat membantu Anda melakukan pengolahan dengan lebih mudah. Hal ini dapat disesuaikan dengan alat-alat yang Anda miliki sehingga proses pengolahan dapat berlangsung dengan cepat.

Kelemahan dari proses pengolahan ini adalah Anda perlu mempersiapkan alat-alat khusus untuk memperlakukan limbah. Dalam artian, proses penyaringan fisik limbah tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Anda perlu belajar dengan baik sebelum melakukannya.

Cara Kerja Pompa Lumpur

Setelah mengetahui berbagai jenis pengolahan limbah, sekarang kita akan membahas mengenai cara kerja pompa lumpur. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa mengetahui berbagai proses yang perlu Anda lakukan selama pengolahan limbah.

Cara kerja pompa lumpur yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Mengubah Energi Rotasi

Cara kerja pompa lumpur yaitu dengan cara mengubah energi rotasi motor. Hal ini dilakukan untuk mendorong aliran dan meningkatkan tekanan cairan. Proses ini akan membantu mempermudah proses perpindahan cairan dari satu tempat ke tempat yang lain.

2. Cairan Dihisap

Setelah proses perubahan energi, cairan akan dihisap oleh impeller supaya bisa diolah. Impeller akan menangkap cairan dan memutarnya. Sehingga fluida yang memasuki pompa slurry akan memutar. Proses ini akan memisahkan cairan dari kotoran limbah yang padat.

3. Pengaturan Kecepatan Fluida

Selanjutnya, akan terjadi proses pengaturan kecepatan fluida. Hal ini akan menyebabkan cairan meninggalkan impeller. Sehingga aliran fluida akan melambat untuk meningkatkan tekanan fluida yang berada pada pompa lumpur.

4. Pengaliran Cairan Melalui Pipa

Keunggulan pompa lumpur adalah mampu menjaga agar lumut yang tercampur pada cairan dapat dialirkan dengan mudah. Sehingga proses pembuangan limbah yang bercampur lumpur dapat dilakukan dengan baik ke tempat yang seharusnya.Demikianlah pembahasan mengenai pompa slurry yang perlu diketahui. Silakan kunjungi https://osmomarina.com/ pilihan pompa terbaik.

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram