HUBUNGI KAMI

Rekomendasi Pompa Air Panas Efisiensi Tinggi

14 Juni 2023

Pompa air panas merupakan pompa khusus untuk distribusi air panas pada sistem pemanasan. Disebut juga pompa sirkulasi air panas. Salah satu karakteristik khusus dari pompa ini adalah kemampuan bekerja pada suhu tinggi.

Sumber panas menduduki posisi penting saat instalasi pompa. Ahli pompa air panas tentu akan mengukur atau melakukan perkiraan terkait sumber panas di lingkungan sekitar untuk memposisikan unit pompa. Hal ini berkaitan dengan cara kerja pompa yang ada. 

Pemakaian pompa air panas sama seperti pompa pada umumnya yakni untuk kebutuhan industri maupun rumah tangga. Bahkan hampir tidak ada perbedaan jenis antara pompa air panas industri dan pompa pemanas air rumah tangga. 

Apa Itu Pompa Air Panas?

Seperti penjelasan singkat sebelumnya, pompa air panas adalah jenis pompa yang mampu menghasilkan air panas dengan memanfaatkan sumber panas dan menggunakan sumber daya listrik. 

Karakteristik khusus pompa air panas

  • Didesain khusus untuk mendistribusikan sistem air panas.
  • Dirancang menggunakan material tahan suhu panas/ tinggi (casing, impeller dan segel).
  • Dirancang untuk beroperasi dengan performa yang stabil dan konsisten dalam suhu tinggi. Pompa jenis ini mampu bertahan terhadap perubahan suhu dan tekanan di dalam sistem. 
  • Dilengkapi sistem pelumasan komponen internal sehingga performa tetap stabil.

Karena karakteristik khusus yang dimilikinya maka pompa air panas dapat diaplikasi pada sistem air panas mandiri maupun sistem kombinasi antara pemanasan air dan pengatur suhu ruangan. 

Cara Kerja Pompa Air Panas

Selain disebut juga pompa pemanas air, pompa ini juga masuk kategori pompa listrik karena menggunakan sumber daya listrik dalam distribusi energi panas di dalam sistem. Meskipun menggunakan listrik, pompa ini memiliki efisiensi konsumsi daya yang tinggi.

Berbeda dari sistem pemanas air biasa/konvensional, pompa pemanas air memiliki cara kerja yang mirip seperti cara kerja kulkas (secara terbalik). Jika kulkas mengeluarkan panas dari dalam keluar kotak maka pompa pemanas air mengambil panas dari udara sekitar dan mentransfernya ke dalam sistem pemanas.

Dengan cara kerja yang demikian maka instalasi pompa air panas lebih efektif pada ruangan dengan suhu tinggi dan tidak bagus pada ruangan yang memiliki suhu dingin. 

Jenis Pompa Air Panas

Jenis pompa pemanas air dibedakan ke dalam beberapa jenis dengan berdasarkan pada sumber panas. Tanpa tersedianya sumber panas yang valid maka pompa tidak akan bekerja optimal dalam memanaskan air. Adapun jenis pompa ini adalah:

1. Air-Source Heat Pump

Jenis air-source heat pump mengambil panas dari udara luar dan menggunakannya untuk memanaskan air. Ini adalah jenis pompa panas yang umum digunakan dan relatif mudah dipasang. Mereka efisien secara energi dan cocok untuk daerah dengan iklim sedang hingga hangat.

2. Water-Source Heat Pump

Pompa panas sumber air menggunakan air sebagai sumber panas untuk memanaskan air. Mereka dapat menggunakan air permukaan, sumur, atau sistem air terbuka/tutup sebagai sumber panas. Pompa panas sumber air biasanya lebih efisien daripada pompa panas sumber udara, tetapi memerlukan instalasi yang lebih kompleks.

Baca juga: Plumbing Air Bersih Dan Air Panas

3. Ground-Source Heat Pump 

Disebut juga geothermal heat pump. Pompa ini menggunakan energi panas yang disimpan di dalam tanah untuk memanaskan air. Mereka memanfaatkan perbedaan suhu antara udara luar dan tanah untuk menghasilkan energi. Pompa panas geothermal ini sangat efisien secara energi dan umumnya lebih mahal untuk diinstal. Namun, mereka dapat menghemat biaya operasional dalam jangka panjang.

4. Air-to-Water Heat Pump

Jenis pompa ini mengambil panas dari udara luar dan menggunakannya untuk memanaskan air dalam sistem pemanasan air. Mereka dapat digunakan untuk memanaskan air untuk penggunaan domestik, pemanasan lantai, atau sistem pemanasan radiator.

5. Air-to-Air Heat Pump

Pompa ini memang tidak didesain khusus sebagai pompa pemanas air. Namun, dapat digunakan dalam kombinasi dengan pemanas air untuk memanaskan air secara tidak langsung. Panas yang dihasilkan oleh pompa panas digunakan untuk memanaskan udara di dalam ruangan, dan sistem lain dapat digunakan untuk memanaskan air.

Baca juga: 7 Pompa Air Ebara dengan Berbagai Fungsi dan Keunggulannya

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Aplikasi Pompa Air Panas

osmomarina pompa air panas

Penggunaan pompa pemanas air membutuhkan infrastruktur tertentu dan teknik pemasangan dari profesional. Hal ini berkaitan dengan karakteristik dan cara kerja pompa. Selain itu, beberapa faktor yang masuk ke dalam pertimbangan adalah:

  • Kapasitas pompa
  • Jenis pompa yang ideal sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan
  • Tipe pompa paling ideal misalnya pompa air panas untuk menghasilkan sistem pemanasan dengan tekanan tinggi.

Meskipun penggunaan pompa air panas di Indonesia termasuk tinggi sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan dalam industri dan rumah tangga, beberapa tantangan berikut harus dipikirkan dalam pengadaan.

  • Biaya Tinggi. Biaya pembelian unit pompa dan pemasangan sistem instalasi pompa air panas jauh lebih tinggi daripada pompa biasa. Seringkali memerlukan infrastruktur khusus dalam pemasangan sehingga beban biaya menjadi hambatan.  
  • Memerlukan ruang instalasi. Dengan infrastruktur uniknya maka sistem instalasi pompa jenis ini membutuhkan ruang yang lebih luas daripada pompa konvensional. Dalam hal ini termasuk ventilasi atau area eksternal.  
  • Memerlukan pasokan suhu sumber panas. Pompa air panas mengandalkan sumber panas eksternal seperti udara luar dan atau air bawah tanah. Namun, ketersediaan dan stabilitas suhu sumber panas ini dapat menjadi tantangan terutama di daerah dengan iklim ekstrem.
  • Perawatan dan pemeliharaan secara berkala. Pompa air panas memerlukan perawatan dan pemeliharaan rutin untuk memastikan kinerjanya yang optimal. Ini termasuk pembersihan filter, pemeriksaan komponen, dan pemeliharaan sistem yang kompleks. Tantangan ini dapat melibatkan biaya tambahan dan waktu yang diperlukan.
  • Kompatibilitas dengan infrastruktur yang ada. Jika Anda mengganti sistem pemanas air konvensional dengan pompa air panas, mungkin perlu melakukan perubahan pada infrastruktur yang ada. Ini termasuk pembaruan pipa, instalasi sirkuit listrik yang sesuai, dan mungkin perlu memperluas ruang untuk memasang pompa air panas.

Meskipun terdapat tantangan yang terkait dengan penggunaan pompa air panas, keuntungan energi yang signifikan dan efisiensi yang lebih tinggi seringkali membuatnya menjadi investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang. 

Penting untuk mempertimbangkan tantangan ini dan berkonsultasi dengan ahli pompa atau distributor pompa, untuk memastikan pompa air panas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi spesifik.

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa air laut kapal umumnya berasal dari jenis pompa sentrifugal dan pompa perpindahan positif. Keduanya memiliki kinerja yang handal untuk...
Pompa air pendorong disebut juga pompa booster. Seperti namanya, jenis pompa ini berfungsi untuk meningkatkan tekanan air dalam sistem perpipaan...
Head pompa menunjukkan ukuran daya sebuah pompa. Semakin besar head pompa, semakin besar daya yang dapat dihasilkan oleh pompa tersebut....
Dinamo listrik ialah perangkat elektromagnetik dengan fungsi memutar impeller pompa, blower hingga menggerakkan kompresor. Anda dapat menganggapnya sebagai “kuda kerja”...
Jenis pompa dapat dibedakan berdasarkan berbagai indikator termasuk cara kerjanya. Perbedaan cara kerja telah memetakan pompa ke dalam setidaknya empat...
Pompa diafragma (diaphragm pump) adalah jenis pompa perpindahan positif atau positive displacement pump yang menggunakan ruang perpindahan (rongga) yang mengembang...
Pompa dewatering dirancang dengan metode khusus untuk menguras air dari suatu area yang tergenang atau terjebak di lokasi yang lebih...
Pompa solar didesain dengan karakteristik khusus untuk mengalirkan solar yang memiliki viskositas relatif lebih tinggi daripada bensin dan bersifat korosif...
Apakah Anda ingin menggunakan pompa submersible aerator? Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dan manfaat dari pompa celup tersebut....
Apakah Anda pernah mendengar tentang control box pompa submersible? Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dan cara kerja control...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram