HUBUNGI KAMI

Panel Pompa Industri

24 Mei 2023
Category:

Apakah Anda sedang mencari pompa terbaik? Kali ini kita akan membahas mengenai panel pompa terbaik yang bisa Anda gunakan. Hal ini penting untuk diketahui, supaya Anda bisa memilih pompa terbaik dan awet.

Mengenal Pompa dan Panelnya

Apa yang dimaksud dengan pompa? Pompa adalah suatu alat yang bisa digunakan untuk memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Supaya alat tersebut bisa menjalankan tugasnya dengan baik, maka Anda memerlukan panel yang disebut pump panel.

Panel pompa adalah sebuah alat yang bisa dihubungkan dengan pompa supaya bisa berfungsi dengan baik. Dalam artian, pump panel dapat digunakan untuk mengendalikan air. Supaya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna air tersebut.

Pump panel banyak digunakan untuk mengendalikan motor listrik yang berada pada pompa. Sehingga jaringan yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Hal ini penting supaya Anda bisa menghemat listrik dan menggunakan pompa yang sesuai.

Pompa banyak digunakan di perumahan, rumah sakit, mall, dan kawasan industri. Sehingga keberadaan panel pompa sangat penting untuk mengendalikan fungsi pompa. Sehingga pompa dapat berfungsi dengan lebih baik.

Bagaimana cara kerja pompa? Cara kerja pompa adalah dengan memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat yang lain. Tetapi, hal ini dapat dilakukan dengan bantuan pump panel. Silakan untuk menekan tombol on pada panel untuk mengoperasikannya.

Jika ingin menghentikan kinerjanya, maka Anda bisa menekan tombol off. Sehingga pompa tidak akan melakukan pekerjaannya lagi. Anda bisa melihat kinerja pompa dengan baik melalui pompa air.

Pompa air menjadi salah satu alat yang memerlukan panel pengendali, baik dalam pompa air kecil dan pompa air besar. Anda perlu memperhatikan dengan baik fungsinya supaya bisa memilih panel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis Panel Berdasarkan Bentuk dan Material

Setelah mengetahui mengenai panel pompa, sekarang kita akan membahas mengenai jenis panel. Hal ini penting supaya Anda bisa memilih jenis panel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan saja Anda memilih jenis panel terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa jenis panel yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan rekomendasi pompa terbaik, sebagai berikut:

1. Jenis Panel Berdasarkan Bentuknya

Apa saja jenis panel berdasarkan bentuknya? Jika dilihat berdasarkan bentuknya, maka Anda akan menemukan tiga tipe panel yang bisa digunakan. Pertama, free standing yaitu panel yang memiliki konstruksi lebih panjang, lebih lebar dan tinggi.

Terdapat pula jenis wall mounting yaitu jenis panel yang menempel pada dinding dan ukurannya kecil. Ketiga, bentuk panel lainnya disebut panel switchgear yaitu panel yang sering digunakan untuk mendistribusikan listrik ke rangkaian pompa yang lain.

2. Jenis Panel Berdasarkan Kemampuan Kontrolnya

Jika Anda ingin mengetahui pompa air listrik berdasarkan kemampuan pengendaliannya. Maka, Anda akan menemukan dua jenis panel yang berbeda. Panel pertama disebut panel sinkronisasi yang digunakan untuk menghubungkan sumber listrik.

Panel yang kedua adalah jenis control motor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya Anda bisa menemukannya pada panel motor dol, sehingga Anda bisa mengendalikan penggunaan motor listrik dengan menghubungkan dengan peralatan lain.

3. Jenis Panel Berdasarkan Bahannya

Apa saja jenis panel berdasarkan materialnya? Jika dilihat berdasarkan materialnya, maka Anda akan menemukan dua jenis panel. Dua jenis panel tersebut adalah panel yang terbuat dari besi atau baja dan jenis panel yang terbuat dari bahan plastik serta ada juga panel terbuat dari bahan stainless steel ( tahan karat ).

Anda bisa memilih jenis panel tersebut berdasarkan kebutuhan Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan jenis panel yang sesuai dan tepat. Pastikan saja Anda memilih panel pompa terbaik supaya awet digunakan dimana disesuaikan dengan lingkungan pemasangan.

4. Jenis Panel Berdasarkan Penggunaannya

Jika ingin memilih pompa terbaik, maka Anda bisa memilih panel berdasarkan penggunaannya. Hal ini dapat membantu Anda menyesuaikan panel dengan kebutuhan Anda. Pertama, medium voltage yang bisa digunakan untuk pemutus dan penyalur energi.

Jenis yang kedua yaitu panel low voltage yang bisa digunakan untuk menerima daya listrik. Terdapat pula jenis low voltage sub distribution panel yang bisa digunakan untuk mendistribusikan energi listrik untuk beberapa panel yang lain.

Komponen Penting pada Panel Pompa

Apa saja komponen dalam panel? Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai komponen penting yang ada pada panel. Sehingga Anda bisa mengetahui fungsi panel dengan baik berdasarkan komponen-komponen tersebut.

Terdapat beberapa komponen panel yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Power Supply

Panel pompa memiliki komponen yang disebut dengan power supply. Komponen ini berfungsi untuk memberikan energi yang dibutuhkan panel supaya pompa dapat bekerja dengan baik. Selain itu, komponen ini dapat difungsikan sebagai penyearah tegangan.

Anda bisa memilih komponen power supply yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Komponen ini biasanya diletakkan pada Omegra Rails atau bisa ditemukan pada base panel. Sehingga keberadaannya sangat penting untuk mendukung kinerja panel.

2. Omega Rails

Komponen panel yang lain yaitu Omega Rails. Komponen ini berfungsi sebagai frame untuk menempelkan kontraktor. Selain itu, bisa digunakan untuk menempelkan terminal block, power supply, dan berbagai komponen lainnya.

Keberadaan komponen ini sangat penting karena berfungsi sebagai tatakan untuk meletakkan komponen penting lainnya. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui keberadaan komponen ini pada panel yang Anda pilih.

3. Capacitor Bank

Selanjutnya terdapat komponen Capasitor Bank yang biasanya digunakan pada industri pabrik. Hal ini penting untuk mengatur daya listrik yang digunakan di pabrik tersebut. Selain itu, hal ini dapat mencegah kekurangan daya listrik saat bekerja.

Capacitor bank menjadi komponen yang penting untuk dimiliki pemilik pabrik. Supaya bisa menjaga kondisi daya besar yang dibutuhkan. Sehingga tidak tergantung dengan nilai minimum daya yang ditentukan oleh PLN.

4. TOR

Terdapat komponen yang disebut TOR atau Thermal Overload Relay. Komponen ini berfungsi untuk mengamankan beban yang disebabkan oleh suhu Thermal. Sehingga komponen ini dapat memutuskan rangkaian kontrol tersebut supaya tidak berlebihan.

Komponen ini akan berfungsi apabila suhu TOR telah terpenuhi. Sehingga beban yang digunakan tidak akan melebihi beban ampere yang sudah ditentukan pada TOR. Terdapat komponen bimetal element pada TOR untuk mengetahui beban yang melebihi kapasitas.

5. Kontraktor 3 Phase

Kontraktor 3 phase atau 1 phase merupakan komponen yang penting pada panel pompa. Komponen ini bekerja dengan menggunakan medan magnet yang ditimbulkan dari arus listrik. Hal ini akan membantu menyeimbangakan arus listrik yang ada pada panel.

Pada kontraktor terdapat kumparan yang dapat dialiri arus listrik. Kumparan tersebut menjadi magnet yang akan membantu kinerja kontraktor. Sehingga kontraktor dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan kebutuhan panel yang Anda gunakan.

6. Timer Listrik

Timer Listrik atau yang dikenal dengan Time Delay Relay merupakan komponen yang bisa digunakan untuk menunda waktu. Dalam artian, Anda bisa menunda waktu untuk memutus atau menyalakan rangkaian kontrol panel.

Penggunaan komponen ini sangat penting bagi pabrik industri. Sehingga dapat membantu mengontrol penggunaan panel sesuai dengan kebutuhan Anda. Apalagi yang berhubungan dengan memutus dan menyalakan panel listrik, komponen ini sangat penting.

7. Push Button

Terdapat komponen push button yang berfungsi untuk menghubungkan arus dan sebagai komponen kontrol. Biasanya komponen ini berwarna hijau, Anda bisa menemukannya pada panel listrik yang terhubung dengan N/O atau normally open.

Jika push button berwarna merah, maka tegangannya lepas atau disebut dengan N/C normally close. Anda bisa memilih berbagai jenis tipe push button sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

8. Selector Switch

Panel pompa memiliki komponen yang disebut dengan selector switch. Komponen ini berfungsi untuk memilih mode yang akan digunakan pada panel. Anda bisa menggunakan komponen ini dengan cara memutar ke kiri atau ke kanan.

Anda bisa memilih komponen selector switch sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga keberadaannya pada panel dapat difungsikan dengan baik sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda memahami fungsi dan manfaat komponen ini dengan baik.

9. Miniature Circuit Breaker (MCB)

Terdapat komponen MCB yang bisa berfungsi untuk mengamankan beban yang berlebih pada panel. Anda bisa menggunakan MCB untuk menangani lonjakan arus listrik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Anda perlu memilih komponen MCB terbaik supaya tidak menimbulkan bahaya. Jika Anda menggunakan MCB yang kualitasnya kurang bagus, maka akan menyebabkan munculnya percikan api. Sehingga hal ini akan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kebakaran.

10. Lampu Panel

Komponen lampu panel pada panel pompa berfungsi untuk menunjukkan apabila terjadi arus masuk. Lampu panel akan menyala jika terdapat arus yang masuk. Terdapat beberapa warna lampu panel yang bisa Anda lihat yaitu warna merah, kuning, dan biru.

Tetapi, terdapat juga panel yang menggunakan lampu panel dengan warna merah, kuning, dan hijau. Hal ini dapat disesuaikan dengan persyaratan umum instalasi listrik yang digunakan. 

Fungsi Panel Industri

Apa fungsi dari panel industri? Anda perlu mengetahui mengenai berbagai fungsi dari panel industry. Sehingga Anda bisa menemukan panel industri terbaik yang bisa Anda gunakan. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda tidak salah memilih panel yang dibutuhkan.

Terdapat berbagai fungsi panel industri yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Memudahkan Kinerja Mesin Pompa

Salah satu fungsi penting dari panel pompa adalah memudahkan kinerja mesin pompa. Dalam artian, panel dapat mengatur arus listrik dengan baik. Sehingga kinerja pompa dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Mengontrol Komponen Listrik

Panel pompa juga berfungsi untuk mengontrol komponen listrik yang Anda gunakan. Sehingga arus listrik yang Anda gunakan pada pompa tidak berlebihan. Hal ini bisa membantu untuk menghemat daya yang digunakan.

3. Sebagai Indikator

Saat pompa bekerja, maka Anda perlu memperhatikan supaya pompa dapat bekerja dengan baik. Pastikan bahwa kabel panel terhubung supaya Anda bisa mengetahui bahwa arus listrik terhubung pada pompa. Anda bisa mengetahui hal tersebut dari panel yang Anda gunakan.

4. Rangkaian Menjadi Lebih Rapi

Panel bisa membantu Anda untuk mengatur rangkaian listrik supaya lebih rapi. Anda juga perlu memilih kualitas pompa terbaik supaya bisa mengatur rangkaian dengan baik. Hal ini akan membantu mengurangi risiko bahaya jika terjadi gangguan listrik.

Manfaat Menggunakan Panel yang Baik

Anda perlu mengetahui cara memilih panel terbaik supaya Anda bisa merasakan manfaatnya. Hal ini penting supaya Anda tidak sembarang memilih panel yang akan digunakan. Pastikan Anda memilih panel yang memiliki kualitas terbaik dan bisa dipercaya.

Pastikan bahwa Anda memilih merk pompa yang sudah terjamin kualitasnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas dan keawetannya. Salah satunya Anda bisa mencoba menemukan pompa di https://osmomarina.com/ yang menjamin kualitas pompa terbaik.

Terdapat beberapa manfaat penggunaan panel terbaik yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Mengurangi Risiko Bahaya

Anda sudah mengetahui bahwa fungsi panel pompa adalah untuk mengatur arus listrik pada pompa. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika terjadi gangguan pada panel, maka pompa tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, jika Anda menggunakan panel yang tidak memiliki kualitas yang baik. Maka, dapat memicu gangguan arus listrik yang bisa menyebabkan kebakaran. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik supaya rumah dan tempat kerja Anda aman.

2. Hemat Biaya

Jika Anda menggunakan panel pompa terbaik, maka Anda bisa menghemat biaya. Hal ini disebabkan karena panel tersebut awet dan tidak mudah rusak. Sehingga Anda bisa menggunakan panel tersebut untuk waktu yang lama.

Panel yang awet akan membantu Anda mengurangi anggaran perbaikan. Tetapi, pastikan Anda mengetahui cara membersihkan panel dengan baik, supaya Anda bisa menjaga kondisi panel tersebut.

3. Pompa Tidak Cepat Rusak

Manfaat panel dengan kualitas terbaik adalah akan membantu menjaga agar pompa tidak cepat rusak. Hal ini dipengaruhi oleh sistem arus listrik yang lancar. Sehingga poma dapat bekerja dengan baik tanpa kekurangan daya listrik.

Penting bagi Anda untuk memilih jasa pasang pompa terbaik supaya pompa tersebut berfungsi dengan benar. Pastikan bahwa panel dan pompa Anda dipasang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga dapat berfungsi sesuai dengan kapasitas pompa.

Cara Merawat Panel Listrik

Setelah mengetahui manfaatnya, sekarang kita akan membahas cara merawat panel. Hal ini penting untuk Anda ketahui supaya Anda bisa menjaga kondisi panel. Sehingga tetap awet dan tidak mudah mengalami gangguan arus.

Terdapat beberapa cara merawat panel pompa industri yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Pastikan Rangkaian Rapi

Anda perlu memastikan bahwa rangkaian panel tersusun dengan rapi. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada kabel panel. Sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi rangkaian dengan baik.

2. Sesuaikan Panel dengan Daya Listrik Anda

Jika Anda ingin menggunakan panel pompa, pastikan Anda menyesuaikan panel dengan daya listrik Anda. Hal ini akan membantu mengurangi beban pada panel. Sehingga panel dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama dan tidak mudah rusak.

3. Bersihkan Panel dengan Rutin

Anda perlu membersihkan panel secara rutin sehingga panel tidak terkontaminasi kotoran. Jika kotoran masuk ke dalam komponen panel, maka akan mengganggu kinerjanya. Sehingga penting bagi Anda untuk membersihkan panel secara rutin.

4. Segera Ganti Komponen yang Rusak

Apabila terdapat komponen panel yang rusak, maka Anda perlu segera mengganti atau memperbaikinya. Sehingga komponen tersebut tidak akan merusak komponen yang lain.

Demikianlah pembahasan mengenai panel pompa yang perlu diketahui. Temukan pompa terbaik di https://osmomarina.com/produk

Anda dapat membeli jenis panel pompa air yang berkualitas dengan harga panel pompa yang  terjangkau di https://osmomarina.com/. Langsung saja hubungi distributor pompa air dan panel pompa yang satu ini ke nomor 0821-1812-2466 atau 0815-1997-3093 atau (021) 290707032. Customer Service PT Osmo Marina Mandiri Indonesia juga dapat dihubungi melalui e-mail info@osmomarina.com.Anda juga bisa datang langsung ke tempat jual pompa industri keperluan industri di Gedung Mega Glodok Kemayoran Lantai GF Blok B5 Nomor 5, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, DKI Jakarta. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan mengunjungi https://osmomarina.com/.

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram