HUBUNGI KAMI

Keuntungan Pompa Air Grundfos Tekanan Tinggi & Penggunaannya

20 Maret 2023
Category:

Air dengan tekanan tinggi diperlukan untuk membersihkan suatu bidang tanpa menyebabkan lecet akibat gesekan. Demikian pula, air bertekanan tinggi digunakan dalam proses pengangkatan lumpur yang menempel dalam skala besar yang tidak dimungkinkan menggunakan alat pembersih biasa. Untuk menjalankan proses-proses tersebut, pompa air Grundfos tekanan tinggi didesain dengan kemampuan spesifik. 

Keuntungan Pompa Air Grundfos Tekanan Tinggi & Penggunaannya

Jenis pompa tekanan tinggi umumnya berasal dari jenis:

  • Pompa piston yang menawarkan risiko kavitasi yang lebih rendah. Karena RPM relatif rendah (biasanya di bawah 800 RPM), pompa piston umumnya ditujukan untuk instalasi penggerak sabuk.
  • Pompa gearbox yang dirancang untuk tugas berat dan secara spesifik pada mesin cuci dengan menawarkan pemasangan yang sederhana, ringkas, dan langsung ke mesin bensin. 
  • Pompa SF yang menawarkan opsi penggerak langsung yang lebih ekonomis daripada pompa kotak roda gigi. Secara teori, pompa SF adalah kombinasi dari desain pompa piston dan pendorong yang menjadikannya berkualitas sangat tinggi. 
  • Jenis Plunger Pump yang diaplikasi secara luas dan mampu bekerja pada berbagai suhu fluida. 
  • Jenis Flush Pump Manifold yang mampu menyalurkan fluida bersuhu tinggi dengan tekanan tinggi. 
  • Jenis pompa Positive Displacement dengan kemampuan 3000 bar (43.500 psi). Pompa ini dapat digunakan untuk kebutuhan kerja di bawah air. 

Seri Pompa Grundfos Tekanan Tinggi

Grundfos merupakan salah satu produsen terkemuka pompa air bertekanan tinggi. Perusahaan ini menyediakan beragam pompa aplikasi air murni, pengolahan limbah, reverse osmosis, minyak, hingga aplikasi industri gas. 

Produk pompa Grundfos dapat ditemukan di Osmo Marina yang merupakan distributor dan mitra Grundfos Indonesia. Untuk pompa air tekanan tinggi dari merek ini, beberapa seri berikut dapat menjadi pilihan anda. 

  • Pompa Grundfos CR/CRN. Pompa seri CR dan CRN merupakan pompa displacement positive pump yang mampu menyuplai air dengan tekanan tinggi. Pompa ini telah jamak digunakan berbagai industri yang memerlukan distribusi air dengan tekanan yang handal. 
  • Pompa Grundfos CRNE/HS. Pompa air grundfos tekanan dari seri ini merupakan jenis pompa tunggal yang mampu memberikan tekanan tinggi. Didesain sebagai pompa sentrifugal non-self priming, pompa seri CRNE/HS memiliki motor kecepatan tinggi lengkap konverter frekuensi terintegrasi. 
  • Pompa Grundfos CRN/SF. Tipe pompa grundfos ini didesain menggunakan dua pompa yang dipasang seri sehingga disebut sebagai pompa ganda. Kemampuannya untuk menghasilkan tekanan tinggi sangat diperlukan di berbagai industri. Dengan kekuatan dari kedua pompa yang bekerja saling mendukung maka seri CRN/SF merupakan salah satu pompa air grundfos tekanan tinggi untuk aplikasi skala besar. 

Ketiga seri di atas hanya beberapa contoh pompa dari brand Grundfos yang digunakan untuk menyalurkan air bertekanan tinggi. 

Baca juga: Mengenal Varian Pompa Grundfos dan Spesifikasinya

Pompa Air Grundfos Tekanan Tinggi: Perhatikan Indikatornya

Meskipun pompa biasa dapat digunakan untuk mendistribusikan air dengan tekanan tinggi untuk kebutuhan lokal atau rumah tangga, tidak disarankan penggunaannya untuk aplikasi yang lebih spesifik misalnya untuk industri cuci mobil. Sebab, desain pompa biasa, meskipun telah dimodifikasi, tidak mampu memberikan efisiensi yang sama dengan high pressure pump yang memang didesain untuk tujuan yang dimaksud. 

Beragam seri yang disediakan Grundfos menunjukan bahwa tidak semua pompa air tekanan tinggi dapat diaplikasi untuk semua kebutuhan. Perbedaan tekanan yang dihasilkan berdampak pada hasil kerja. Misalnya pompa air untuk mengangkat kotoran dan debu pada mobil berbeda tekanan dengan yang digunakan untuk membersihkan lumpur di area tambang. 

Dengan perbedaan skala kebutuhan maka pemilihan pompa air Grundfos tekanan tinggi perlu melihat faktor-faktor penting berikut:

  • Tekanan. Sebuah pompa bertekanan tinggi memiliki kemampuan memberi tekanan fluida di saluran outlet dengan kekuatan antara 30000 psi - 50000 psi. Tekanan dihasilkan oleh energi kinetik dari pompa terhadap air sehingga mengalir dalam kecepatan tinggi dengan debit tertentu. 
  • Laju aliran. Merupakan jumlah air yang dapat dipompa dalam ukuran waktu tertentu. Pompa yang memiliki tekanan tinggi dapat memompa volume air yang besar dengan kecepatan tinggi. Laju aliran akan menentukan impact terhadap bidang yang dikenai air setelah dikeluarkan. 
  • Catu daya. Besarnya tekanan yang diberikan terhadap aliran air yang keluar tentu saja memerlukan pemasok daya listrik yang besar pula. Dalam hal ini pompa memerlukan sumber daya motor atau mesin dengan peringkat Horsepower tertentu.
  • Saluran tubing dan suplai. Pipa tubing dan pelepasan harus tahan terhadap air bertekanan tinggi yang mengalir melaluinya. Jenis pipa yang digunakan berbeda daripada pipa biasa untuk menyalurkan air bertekanan normal. Diperlukan pipa dengan perlindungan ekstra menggunakan 3-4 lapisan wiremesh.
  • Sistem filter. Biasanya, saluran masuk pompa dilengkapi dengan filter untuk menghilangkan kotoran dan molekul padat yang tidak diinginkan. Kotoran mempengaruhi kinerja pompa dan menyebabkan kerusakan pada komponen pompa.

Penggunaan Pompa Air Grundfos Tekanan Tinggi

Pompa air bertekanan tinggi dibutuhkan, khususnya untuk tujuan pembersihan, pengangkatan dan pemotongan. Air dengan tekanan tinggi bermanfaat dalam ketiga pengaplikasian tersebut sehingga kebutuhan terhadap jenis pompa yang dimaksud umumnya berlaku dalam industri spesifik. 

Penggunaan pompa air Grundfos tekanan tinggi sejauh ini untuk:

  • Pembersihan alat pengeboran, dek kapal, lantai, dan pengangkatan kotoran yang menempel pada beberapa bidang. 
  • Memotong bahan seperti kayu, pemotong beton, dan berbagai bahan lunak lainnya. Bahan keras dapat dipotong dengan mencampurkan air dengan bahan abrasif.
  • Proses persiapan lantai, deburring dan renovasi beton.
  • Membersihkan jenis kotoran dan minyak yang tidak dapat dibersihkan menggunakan siraman air tekanan normal. 
  • Membersihkan debu dan lumpur minor sehingga lumrah digunakan sebagai pompa air dalam industri cuci mobil
  • Memindahkan tanah dan lumpur di area konstruksi yang tidak dapat menggunakan alat pembersih lain, misalnya untuk menyiapkan lubang pengeboran. 
  • Digunakan untuk memompa air bertekanan pada sistem penanggulangan kebakaran. Dalam hal ini, pompa dipakai untuk menghasilkan semprotan air bertekanan agar mampu menjangkau beberapa titik kebakaran. 

Baca juga: Mengenal Lebih Lanjut Pompa Pendorong Grundfos

Keunggulan Pompa Air Tekanan Tinggi Grundfos

Semua pompa yang diproduksi Grundfos memiliki keunggulan baik pada kualitas material maupun pada daya dan energi yang dihasilkan. Pada pompa tekanan tinggi, Grundfos merancang produk mereka secara spesifik untuk mendistribusikan air dengan tekanan hingga 50.000 psi yang mana ukuran ini bagus digunakan dalam industri. 

Keunggulan yang ditawarkan oleh Grundfos meliputi:

  • Casing anti korosi dari material cast iron. Memiliki casing yang demikian membuat pompa Grundfos dapat diaplikasikan di dalam cairan dengan perlindungan yang bagus terhadap komponen dalam pompa. 
  • Bantalan tahan aus yang memungkinkan pompa mampu bekerja dalam kurun waktu lama.
  • Pengelasan impeller pompa menggunakan teknologi laser sehingga komponen tersebut tidak mudah patah saat diaplikasikan untuk menyalurkan air bertekanan tinggi. 
  • Daya motor yang besar sehingga efisiensi kerja pompa optimal pada kebutuhan dengan tingkat tekanan air di atas rata-rata. 
  • Desain sederhana sehingga mudah dibongkar saat dilakukan perawatan. 

Secara fungsional, pompa air Grundfos tekanan tinggi termasuk kategori pompa dengan efisiensi yang baik yang menawarkan distribusi air hingga 50 ribu psi. Dengan demikian, pompa dari perusahaan ini cocok digunakan dalam berbagai aplikasi di beragam industri. Untuk memilih salah satu seri yang cocok dengan kebutuhan anda, silahkan lihat katalog lengkap di situs resmi Osmo Marina. Klik di sini!

hubungi osmo marina
Artikel Lainnya
Pompa hydrant 500 GPM adalah jenis pompa dengan kemampuan distribusi air dengan volume sebesar 500 gallon per menit. Dengan volume...
Panel NFPA 20 adalah panel standar National Fire Protection Association yang mencakup standar instalasi pompa pemadam kebakaran kebakaran stasioner. Panel...
Panel standar departemen kebakaran mengacu pada panel kebakaran yang memenuhi standarisasi departemen kebakaran dalam penanganan potensi dan peristiwa kebakaran. Standarisasi...
Apa fungsi inverter? Inverter atau power inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC (arus searah) menjadi arus listrik AC (arus...
Ampere kabel adalah kabel penghantar arus dengan kapasitas tertentu. Satuan ukur untuk mengukur arus listrik atau aliran elektron dalam suatu...
Pompa Ebara 3 inch dikenal sebagai pompa transfer air kotor dari Ebara yang banyak digunakan dalam penanggulangan air kotor dan...
Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang menggunakan satu atau lebih impeller yang terpasang pada poros pompa dan berputar bersama dengan...
Chemical pump atau pompa kimia adalah pompa dengan desain khusus untuk digunakan dalam pengolahan bahan kimia. Pompa yang masuk dalam...
Meskipun sama-sama menghasilkan fluida dengan tekanan tinggi, pompa tekanan tinggi atau pompa bertekanan (high pressure pump) berbeda dari booster pump....
Untuk memenuhi kebutuhan air pada area yang lebih tinggi dari sumber air maka diperlukan pompa air tekanan tinggi. Demikian pula...

Hubungi Kami Untuk Kebutuhan Anda

Footer Form
Supplier Pompa Industri osmomarina
Tentang Kami
PT. Osmo Marina Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dalam pengadaan berbagai pompa industri. Kami menyediakan pompa industri dari kecil sampai ke besar. Kami hadir sebagai solusi untuk melengkapi kebutuhan pompa industri dengan tenaga ahli kami yang siap membantu spek kebutuhan pompa anda. Jaminan kami adalah produk yang kami berikan dijamin Asli dan pengiriman On-Time sesuai project schedule anda.
Copyright © 2016 - 2023 PT. Osmo Marina Mandiri
Top
whatsapp
Beranda
Kategori
Brand
Hubungi
magnifiercrosschevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram